Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Bagikan 400 Juta Masker Berkualitas Tinggi Gratis untuk Rakyatnya

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sejumlah media di Amerika Serikat (AS) mewartakan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden akan membagikan 400 juta masker berkualitas tinggi secara gratis kepada rakyatnya mulai pekan depan.

Seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan, masker yang akan dibagikan tersebut adalah N95 sebagaimana dilansir VOA, Rabu (19/1/2022).

Masker-masker tersebut akan akan dikirim ke ribuan apotek lokal dan pusat kesehatan masyarakat di seluruh AS. Masing-masing orang dewasa akan mendapat jatah tiga masker.

VOA mewartakan, program tersebut akan beroperasi penuh pada awal Februari. Masker N95 itu adalah bagian dari 750 juta masker yang disimpan di Strategic National Stockpile.

Strategic National Stockpile menyimpan obat-obatan penting dan persediaan medis untuk digunakan selama keadaan darurat yang terkait dengan kesehatan masyarakat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) baru-baru ini menyebutkan bahwa masker N95 memberikan perlindungan yang tinggi terhadap Covid-19 dibandingkan jenis masker lainnya.

Para pejabat AS mengatakan, pembagian masker N95 tersebut akan menjadi distribusi alat pelindung diri terbesar dalam sejarah AS.

Pengumuman tersebut muncul bertepatan dengan peluncuran situs web Covidtests.gov dari pemerintah federal.

Covidtests.gov memungkinkan rakyat AS untuk meminta alat rapid test Covid-19 secara gratis.

Jutaan orang mulai memesan rapid test Covid-19 pada Selasa (18/1/2022) selama peluncuran Covidtests.gov.

Situs web tersebut memungkinkan setiap rumah tangga memesan maksimal empat alat tes setelah mengeklik tautan yang terhubung ke formulir Layanan Pos AS.

Kedua program tersebut merupakan bagian dari upaya terbaru pemerintahan Biden untuk memerangi lonjakan infeksi Covid-19 yang sebagian besar disebabkan oleh varian Omicron yang sangat menular.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/20/211600270/as-bagikan-400-juta-masker-berkualitas-tinggi-gratis-untuk-rakyatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke