Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Sistem Bubble di Olimpiade Beijing: Apa Itu Loop Tertutup dan Seperti Apa Kehidupannya?

Olimpiade Beijing akan digelar pada 4-20 Februari 2022, hanya enam bulan setelah Olimpiade Tokyo yang ditunda karena pandemi.

Seperti apa sistem bubble yang diterapkan China di Olimpiade Beijing? Berikut penjelasannya yang dikutip dari AFP, Kamis (13/1/2022).

1. Apa itu "loop tertutup"?

China, tempat Covid-19 ditemukan menjelang akhir 2019, berharap untuk menggelar pertandingan yang sederhana, aman, dan luar biasa sesuai dengan strategi ketat nol-Covid negara itu.

Untuk membatasi penyebaran infeksi, para atlet, staf pendukung, relawan, dan media akan berada dalam "loop tertutup" - alias bubble - selama keseluruhan Olimpiade Beijing.

Alih-alih menutup satu area besar ibu kota, bubble itu pada kenyataannya akan menjadi banyak bubble-bubble kecil, seperti hotel yang ditutup di jalan yang digunakan oleh warga Beijing sehari-hari.

Bagi yang terbang ke China, mereka akan berada dalam loop tertutup sejak mendarat di Beijing hingga terbang keluar. Bubble sudah mulai beroperasi minggu lalu.

Itu termasuk tidur, makan, dan bepergian di antara tiga area Olimpiade, yang terpisah sejauh 180 kilometer.

Staf AFP diangkut dari bandara ke hotel - setelah menjalani tes Covid pertama - dengan bus khusus yang dikawal oleh mobil polisi. Staf di bandara mengenakan baju hazmat dengan masker dan pelindung mata.

2. Berapa banyak orang di dalam?

Tidak ada angka pasti. Namun, akan ada sekitar 3.000 atlet, dan media Pemerintah China memperkirakan 10.000 orang dari media akan hadir di Olimpiade.

Juga akan ada pasukan staf yang membantu situs Olimpiade, mulai dari penerjemah hingga petugas kebersihan, staf hotel, dan pengemudi.

Akan ada 19.000 relawan, meskipun tidak semua akan berada dalam bubble.

Ada 72 hotel di dalam dan lebih dari 4.000 kendaraan yang ditunjuk untuk mengangkut peserta, kata penyelenggara.

3. Seperti kehidupan di bubble selama Olimpiade Beijing?

Semua orang di dalam bubble harus divaksinasi sepenuhnya atau melakukan karantina 21 hari sebelum masuk ke dalam. Penyelenggara mendesak orang-orang divaksin booster.

Akan ada tes Covid setiap hari dan semua orang harus memakai masker berspesifikasi tinggi setiap saat.

Akan ada hotel, restoran, toko serba ada, dan pom bensin dalam gelembung.

Minggu ini polisi Beijing memperingatkan pengendara untuk tidak membantu jika kendaraan Olimpiade terlibat dalam kecelakaan, untuk menghindari pelanggaran aturan bubble.

Bahkan sampah dari bubble akan diperlakukan secara terpisah dari sampah umum lainnya.

4. Berapa lama bubble difungsikan?

Beberapa orang akan menghabiskan beberapa bulan terkunci dari dunia luar.

Di forum media sosial untuk Olimpiade Beijing, relawan menulis bahwa mereka harus memasuki bubble pada pertengahan Januari.

Beberapa akan berada di sana sampai setelah Paralimpiade yang berakhir pada 13 Maret. Jika lebih dari itu akan dikenakan biaya.

Penduduk China harus menyelesaikan karantina 21 hari setelah meninggalkan bubble, menurut buku pegangan pencegahan virus pemerintah.

Seseorang mengeluh bahwa karantina setelah meninggalkan bubble membuat mereka lebih tertekan, dan staf lokal akan menghabiskan Tahun Baru Imlek -- hari libur terpenting di China -- jauh dari keluarga.

Seorang pekerja toko serba ada di Zhangjiakou, kota resor di luar Beijing yang akan menyelenggarakan beberapa acara di luar ruangan, mengatakan kepada AFP bahwa dia telah tinggal di tempat itu sejak November.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/18/110200070/mengenal-sistem-bubble-di-olimpiade-beijing--apa-itu-loop-tertutup-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke