Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinyal Marabahaya Terdeteksi di Tonga Setelah Letusan Gunung Berapi dan Tsunami

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menyatakan keprihatinannya terhadap dua pulau, Mango dan Fonoi, setelah penerbangan pengawasan mengonfirmasi kerusakan properti yang substansial dari letusan hari Sabtu (15/1/2022), tetapi belum ada kontak dengan penduduk.

"Suar marabahaya aktif terdeteksi dari Mango," kata OCHA dikutip dari AFP. Pulau ini dihuni lebih dari 30 orang, menurut angka sensus Tonga.

OCHA melanjutkan, kerusakan parah dilaporkan di pantai barat pulau utama Tonga, Tongatapu. Beberapa resor dan rumah hancur atau rusak parah, lalu dua orang hilang.

Belum ada rincian orang hilang yang dirilis, tetapi saudara laki-laki dari seorang perempuan Inggris yang hanyut oleh tsunami mengatakan, tubuh saudara perempuannya telah ditemukan.

Nick Eleini berkata, pihak keluarga terpukul karena Angela Glover meninggal ketika mencoba menyelamatkan anjing-anjingnya.

"Sebelumnya hari ini keluarga saya dengan sedih diberitahu bahwa jenazah saudara perempuan saya Angela telah ditemukan," kata Eleini.

Angela Glover (50) dan suaminya tinggal di Tonga. Perempuan itu menjalankan badan amal kesejahteraan hewan yang menyediakan tempat berlindung dan memelihara anjing-anjing liar.

"Saya mengerti bahwa kecelakaan mengerikan ini terjadi ketika mereka mencoba menyelamatkan anjing mereka," kata Eleini.

Tiga hari setelah letusan, informasi yang keluar dari Tonga menjadi langka dengan sebagian besar hubungan komunikasi terputus.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/18/073100770/sinyal-marabahaya-terdeteksi-di-tonga-setelah-letusan-gunung-berapi-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke