Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemandangan Pegunungan di Arab Saudi yang Diselimuti Salju sejak Tahun Baru

ARAB SAUDI, KOMPAS.com – Salju turun menyelimuti bukit-bukit atau pegunungan di wilayah Tabuk, Arab Saudi mulai Sabtu (1/1/2022) pagi waktu setempat.

Salju turun setelah terjadi penurunan suhu udara yang sangat drastis dalam semalaman di wilayah tersebut.

Diberitakan Arab News, Senin (3/1/2022), di musim dingin, pegunungan di barat laut Arab Saudi tersebut menjadi tujuan populer bagi orang-orang yang mencari kesenangan dengan salju.

Kali ini orang-orang pergi ke wilayah Tabuk dekat perbatasan Yordania itu tepat pada hari tahun baru untuk menemukan pasir gurun yang tertutup selimut salju putih.

Pegunungan Jabal Al-Lawz biasanya tertutup salju saat suhu udara turun drastis. Pada akhirnya, musim dingin dianggap sebagai waktu terindah sepanjang tahun di wilayah tersebut.

Faris Al-Harbi, seorang insinyur yang dulu tinggal di Tabuk, mengatakan kepada Arab News bahwa setiap tahun dirinya menanti hujan salju di Tabuk.

“Setiap tahun kami menunggu salju turun agar kami bisa pergi menikmati kabsa (hidangan tradisional Saudi) bibi kami yang dimasak di atas salju. Itu adalah salah satu ritual kami,” kata dia.

Arab Saudi selama ini memang dikenal dengan iklim gurun yang kering.

Tetapi, suhu bisa bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya karena bentang alamnya yang beragam yang mencakup gunung, pulau, gurun, gua, dan lembah.

Hujan salju di Arab Saudi bukan hanya terjadi di Tabuk

Salju di Arab Saudi biasanya turun bukan hanya di pegunungan di wilayah Tabuk.

Arab News melaporkan, salju seringkali turun juga di daerah pegunungan utara Turaif, Arar, dan Rafha.

Penduduk setempat dan pengunjung biasanya rela melakukan perjalanan dari berbagai bagian Kerajaan Arab Saudi untuk menikmati cuaca dingin yang sejuk dan melakukan aktivitas salju, seperti seluncur salju di sana.

Badr Al-Gbl, yang mengunjungi Tabuk selama musim dingin, mengatakan kehadiran salju di pegunungan di Tabuk menarik banyak penduduk atau wisatawan.

"Puncak gunung Tabuk menunjukkan salju setiap tahun, dan itu menarik perhatian semua penduduk dan pengunjung," kata dia kepada Arab News.

Di barat daya Arab Saudi, di wilayah Asir juga terlihat sedikit salju.

Asir adalah "rumah" bagi pegunungan Soudah yang tertutup juniper, puncak tertinggi di Arab Saudi yang menjulang lebih dari 3.000 mdpl.

Sementara itu, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah mengeluarkan prakiraan badai petir disertai angin kencang dalam beberapa hari mendatang di Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk, di mana lebih banyak salju diperkirakan akan turun.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/04/100100270/pemandangan-pegunungan-di-arab-saudi-yang-diselimuti-salju-sejak-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke