Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Bangkai Kapal Penuh Harta Karun Ditemukan di Laut Mediterania

YERUSALEM, KOMPAS.com - Arkeolog Israel menemukan dua bangkai kapal kuno di lepas pantai Mediterania yang berisi harta karun, berupa ratusan koin dan artefak lainnya dari periode Romawi dan abad pertengahan.

Kedua kapal ditemukan di dekat kota pelabuhan kuno Kaisarea. Bangkai kapal pertama dari periode Romawi, sekitar 1.700 tahun yang lalu, dan yang kapal kedua dari periode Mamluk, sekitar 600 tahun yang lalu.

Selain lebih dari 500 koin perak, ada patung-patung, keramik, dan lonceng yang ditemukan di antara reruntuhan. Juga, beberapa bagian kapal logam dianggap artefak sekarang.

Mereka ditemukan selama survei bawah air yang dilakukan oleh unit arkeologi laut Otoritas Kepurbakalaan Israel dalam dua bulan terakhir, kata Jacob Sharvit, kepala unit Arkeologi Kelautan IAA, pada Rabu (22/12/2021) melansir Guardian.

Artefak itu terletak di dasar laut, sekitar 13 kaki (4 meter) di bawah, dekat bangkai kapal.

Sharvit mengatakan kepada Haaretz, sebuah surat kabar Israel, kedua kapal itu kemungkinan besar hancur karena badai saat berlabuh di lepas pantai.

Kapal Romawi diyakini berasal dari Italia, berdasarkan gaya beberapa artefak. Menurut pihaknya, masih belum jelas apakah bangkai kapal kayu tetap utuh di bawah pasir.

Penemuan penting lainnya termasuk patung elang perunggu, lonceng perunggu yang dimaksudkan untuk mencegah roh jahat dan tembikar, menurut laporan Haaretz.

Newsweek malaporkan ditemukan juga patung pantomimus, atau penari nonverbal di teater Romawi yang akan memerankan adegan sendirian hanya menggunakan topeng dan gerakan, mengenakan topeng komik. Kata modern "pantomim" diadopsi dari pantomimus.

Unit arkeologi juga menemukan paku, pipa timah, dan jangkar besi besar yang hancur. Selain itu ada cincin lain dengan batu permata merah, yang menampilkan ukiran kecapi, alat musik petik kuno dengan makna alkitabiah.

Menurut Haaretz, Direktur IAA Eli Eskozido mengatakan dalam siaran pers bahwa pantai Israel "kaya" dalam "situs dan temuan" semacam ini.

Eskozido mendesak penduduk yang mungkin menemukan artefak kuno saat berenang atau berolahraga air untuk melaporkannya. Dia menyebut temuan itu "sangat rentan," dan mencatat bahwa menemukan dan mendokumentasikannya di tempat asalnya adalah yang paling penting.

IAA membuat pengumuman ini hanya beberapa hari sebelum Natal dan menyorot penemuan cincin emas Romawi, batu permata hijau yang diukir dengan sosok seorang gembala yang membawa domba di pundaknya.

Robert Cole, kepala departemen koin otoritas, menyebut barang itu "luar biasa."

"Pada batu permata itu terukir gambar 'Gembala yang Baik', yang sebenarnya merupakan salah satu simbol awal Kekristenan," katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/23/192900770/dua-bangkai-kapal-penuh-harta-karun-ditemukan-di-laut-mediterania

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke