Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inggris Pertimbangkan Larang Menterinya Hadiri Olimpiade Beijing 2022

LONDON, KOMPAS.com – Inggris tengah mempertimbangkan untuk menerapkan boikot terbatas kepada Olimpiade Beijing 2022.

Dalam pembahasan tersebut, Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang para menterinya untuk menghadiri Olimpiade Beijing 2022.

Kabar tersebut diwartakan oleh media Inggris, The Telegraph, pada Rabu (8/12/2021).

Media tersebut melaporkan, larangan kepada menteri dan perwakilan diplomatik untuk menghadiri Olimpiade Beijing 2022 masih menjadi kemungkinan.

Melansir Reuters, seorang juru bicara Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan pada Selasa (7/12/2021) bahwa pemerintah belum memutuskan apakah perwakilan pemerintah akan menghadiri Olimpiade Beijing 2022.

Menurut The Telegraph, salah satu opsi yang menjadi pertimbangan adalah melarang para menteri hadir di Olimpiade namun tidak melarang Duta Besar Inggris untuk China Caroline Wilson.

Diberitakan sebelumnya, media Australia Sydney Morning Herald melaporkan bahwa Canberra tidak akan mengirimkan pejabat atau politisinya menghadiri Olimpiade Beijing 2022.

Sydney Morning Herald menambahkan, Australia dalam beberapa hari ke depan akan memutuskan apakah akan menerapkan boikot diplomatik penuh pada Olimpiade Musim Dingin tersebut.

Mengutip sejumlah sumber dari pemerintahan, media tersebut melaporkan bahwa Perdana Menteri Australia Scott Morrison tengah mempertimbangkan akan mengikuti jejak AS menerapkan boikot diplomatik atas Olimpiade Beijing 2022.

Sebelumnya, AS pada Senin (6/12/2021) resmi mengumumkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Boikot diplomatik berarti para pejabat AS termasuk presiden tidak akan datang ke Olimpiade Beijing, tetapi para atletnya tetap bertanding.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan, alasan Washington menerapkan boikot diplomatik kepada Olimpiade Beijing 2022 adalah karena adanya pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

"Para atlet di Tim USA mendapat dukungan penuh kami. Kami akan berada di belakang 100 persen saat kami mendukung mereka dari rumah," lanjutnya dikutip dari AFP.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/08/123100770/inggris-pertimbangkan-larang-menterinya-hadiri-olimpiade-beijing-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke