Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harta Karun 5.600 Koin Perak Romawi Kuno Ditemukan di Sungai Usai Banjir Bandang

BERLIN, KOMPAS.com - Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Koleksi Seni dan Museum Augsburg mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penemuan itu adalah penemuan terbesar di negara bagian Bavaria, Jerman selatan.

Koin perak yang dicetak dalam mata uang denarii Romawi ditemukan di dasar sungai tua berkerikil, di dekat lokasi yang dulunya merupakan pangkalan militer awal.

Koin-koin tersebut, yang memiliki berat total 33 pon, ditemukan selama pekerjaan penggalian, setelah banjir menghanyutkannya kota kecil Wertach.

Pernyataan itu mengatakan bahwa koin tertua dicetak di bawah Kaisar Nero (54-68 M) dan yang terbaru dicetak di bawah Septimius Severus, tak lama setelah 200 M.

Koin-koin tersebut sedang dianalisis di Universitas Tubingen, menurut pernyataan itu.

"Seorang tentara memperoleh antara 375 dan 500 dinar pada awal abad ke-3. Oleh karena itu, harta karun itu setara dengan sekitar 11 hingga 15 gaji tahunan," kata Sebastian Gairhos, kepala arkeologi kota di Augsburg melansir Newsweek pada Senin (29/11/2021).

Arkeolog juga menemukan koin dari era Kaisar Trajan, Hadrian, Antoninus Pius dan Marcus Aurelius. Ada juga koin dari era Didius Iulianus, yang hanya menjadi kaisar selama sembilan minggu sebelum dibunuh pada 193 M.

"Sejarah Augsburg yang kaya semakin kaya. Sekali lagi, pentingnya Augsburg selama zaman Romawi telah dibuat sangat jelas," kata Wali Kota Augsburg Eva Weber, mengomentari penemuan koin.

Penemuan kuno sebelumnya di daerah itu termasuk senjata, perhiasan, lebih dari 800 koin, piring, kapal pengangkut, dan berbagai perangkat.

Pernyataan itu mengatakan bahwa benda-benda yang baru ditemukan itu "bermakna secara kronologis," terutama koin.

Artinya, pada zaman itu mereka mengizinkan pangkalan Romawi pertama di daerah itu bertanggal antara 8 dan 5 SM.

"Temuan baru sekarang memungkinkan banyak pernyataan baru - tidak hanya tentang fungsi tempat, asal dan komposisi pasukan dan warga sipil, serta logistik pengisian ulang. Tetapi yang terpenting adalah penanggalannya," kata Gairhos.

Ketika itu selain tugas militer, pasukan di daerah tersebut ditugaskan untuk membangun infrastruktur.

Menjelang akhir pemerintahan Kaisar Augustus (sekitar 10 M), pangkalan pertama digantikan oleh kamp militer untuk sekitar 3.000 tentara.

Dari pangkalan ini, pemukiman sipil awal dari apa yang akan menjadi Augsburg muncul. Lokasi itu disebut Augusta Vindelicum di abad pertengahan.

"Kami berasumsi bahwa harta karun itu terkubur di luar kota Augusta Vindelicum dekat Via Claudia yang beroperasi di sana pada awal abad ke-3 dan tidak pernah ditemukan kembali," kata Gairhos, arkeolog Augsburg.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/30/171734270/harta-karun-5600-koin-perak-romawi-kuno-ditemukan-di-sungai-usai-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke