Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parahnya Covid-19 Jerman, Pesawat Militer Dikerahkan Bantu Pasien Cari RS ke Seluruh Negeri

BERLIN, KOMPAS.com - Jerman mengerahkan pesawat militer Angkatan Udara untuk membantu memindahkan pasien ke seluruh negeri, ketika banyak rumah sakit penuh akibat lonjakan jumlah kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, Sabtu (27/11/2021), mengatakan ia berharap pemandangan itu dapat menjadi "penyadaran" bagi jutaan orang yang masih menunggu untuk divaksinasi Covid-19.

Dia mengingatkan itu untuk memberikan tekanan pada situasi virus corona yang memburuk di Jerman.

Jerman juga meningkatnya persyaratan kepada orang-orang untuk memberikan bukti vaksinasi atau pemulihan baru-baru ini, ketika ingin mengambil bagian dalam banyak kegiatan.

Spahn mengatakan ada peningkatan jumlah vaksinasi selama seminggu terakhir terutama pada orang yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pertama, dengan 450.000 tercatat.

Tapi itu masih belum cukup dan “angka dari hampir 12 juta orang dewasa yang tidak divaksinasi ini masih jauh, terlalu tinggi,” kata Spahn pada acara balai kota secara online.

Sejauh ini, 68,4 persen dari populasi 83 juta orang Jerman telah divaksinasi lengkap, di bawah ambang batas minimum 75 persen yang ditetapkan pemerintah. Ada variasi regional yang signifikan.

Rumah sakit di wilayah selatan dan timur Jerman memperingatkan bahwa mereka kehabisan tempat tidur perawatan intensif, karena banyaknya pasien Covid-19 yang sakit parah.

Jerman harus mengatur transfer pasien skala besar di dalam negeri untuk pertama kalinya sejak wabah dimulai pada awal 2020, termasuk dengan bantuan dari militer.

“Ini diharapkan akan menyadarkan banyak orang bahwa vaksinasi adalah hal yang cukup baik,” kata Spahn melansir AP pada Sabtu (27/11/2021).

Jerman telah melihat peningkatan tanpa henti dalam infeksi virus corona selama beberapa pekan terakhir, dengan tingkat infeksi mencapai titik tertinggi baru setiap hari.

Pada Sabtu (27/11/2021), Covid-19 Jerman mencatat ada 444,3 kasus baru per 100.000 penduduk selama tujuh hari terakhir. Jumlah kematian Covid-19 yang diketahui di Jerman naik di atas 100.000 pada Kamis (25//11/2021).

Sementara itu, pemerintah baru diperkirakan akan mengambil alih pada awal Desember, dan masa transisi telah disalahkan karena melumpuhkan respons Jerman terhadap pandemi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/28/073430370/parahnya-covid-19-jerman-pesawat-militer-dikerahkan-bantu-pasien-cari-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke