Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kekhawatiran Warga AS akan Dampak Ekonomi di Masa Pandemi Capai Titik Tertinggi

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jumlah orang Amerika Serikat yang menempatkan kekhawatiran ekonomi sebagai masalah utama negara mencapai titik tertinggi sejak pandemi virus corona dimulai.

Ini menurut jajak pendapat terbaru Gallup yang dirilis Senin (22/11/2021).

Dilansir UPI, survei tersebut menemukan bahwa 26 persen orang Amerika memandang masalah ekonomi seperti pengangguran dan inflasi sebagai prioritas utama.

Meningkatnya kekhawatiran tentang ekonomi terjadi setelah penelitian lain menemukan bahwa biaya rata-rata untuk pesta Hari Thanksgiving diperkirakan akan meningkat sebesar 14 persen dari tahun 2020.

Persentase orang Amerika yang khawatir tentang ekonomi, secara umum, tidak mencapai dua digit sejak 2017.

Tetapi kekhawatiran malah mencapai 10 persen dalam jajak pendapat baru.

Kekhawatiran atas inflasi telah mencapai puncak tertinggi sejak April 2001.

11 persen dari Partai Republik menyebutnya sebagai perhatian utama yang dihadapi Amerika. Sementara hanya 1 persen dari Demokrat yang sependapat.

"Terakhir kali menyebutkan inflasi secara signifikan lebih tinggi dari sekarang adalah pada Mei 1985. Ketika itu tercatat 11 persen," kata Gallup.

Terlepas dari kekhawatiran atas inflasi, Departemen Perdagangan mencatat dalam laporan penjualan bulanan Oktober bahwa penjualan ritel meningkat sebesar 638,2 miliar dollar AS.

Ini sekitar 1,7 persen dari September hingga Oktober, atau naik 16,3 persen dari Oktober 2020.

Jajak pendapat baru menemukan bahwa Partai Republik dan independen hampir dua kali lebih mungkin daripada Demokrat untuk meningkatkan kekhawatiran tentang ekonomi.

Ini terjadi bahkan ketika peringkat persetujuan Presiden Joe Biden untuk ekonomi telah turun di seluruh partai politik sejak Februari.

Meski begitu, jajak pendapat Gallup mencatat hasil terbaru ini masih relatif rendah dibanding kekhawatiran ekonomi yang memuncak pada 2009 di tengah resesi.

Pada saat itu, 86 persen orang Amerika menempatkan krisis keuangan sebagai masalah utama di negara ini.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/23/140433770/kekhawatiran-warga-as-akan-dampak-ekonomi-di-masa-pandemi-capai-titik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke