Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jasad Anaknya Diperkosa di Kamar Mayat, Ibu Ini Tuntut Pimpinan Rumah Sakit Mundur

LONDON, KOMPAS.com - Ibu dari salah satu korban dari kasus pemerkosaan jasad di kamar mayat, menuntut agar pemimpin rumah sakit di mana, David Fuller secara berantai menyiksa jenazah tanpa terdeteksi selama 12 tahun, untuk mengundurkan diri.

Jenazah Azra Kemal diperkosa tiga kali pada Juli 2020 di kamar mayat rumah sakit Tunbridge Wells oleh David Fuller, seorang ahli listrik di rumah sakit.

David Fuller diketahui telah menyiksa setidaknya 100 mayat antara 2008 dan 2010.

Nevres Kemal, pelapor utama dalam “skandal Baby P” di Haringey Inggris pada 2007, sangat marah tentang apa yang terjadi pada putrinya, Azra Kemal.

Dia menuntut pengunduran diri Miles Scott, kepala eksekutif kepercayaan Maidstone dan Tunbridge NHS (Layanan Kesehatan Nasional), Inggris.

"Scott harus pergi," katanya. "Orang itu tidak harus menunggu untuk dilempar, dia harus keluar sendiri."

Pada pertemuan yang dia lakukan dengan Scott, Kemal mengatakan bahwa Scott mengaku bertanggung jawab atas apa yang terjadi - sebuah pernyataan yang didukung oleh pejabat lain yang hadir.

“Akuntabilitas dimulai dengan pria di (jabatan) atas. Dia bertanggung jawab, tetapi dia tidak ingin kehilangan pekerjaan mewahnya,” protes Kemal melansir Guardian pada.

Pekan lalu, pemerintah tunduk pada seruan Kemal dan yang lainnya, untuk mengadakan penyelidikan tentang apa yang salah, dan menyelidiki internal dengan penyelidikan independen, yang dikepalai oleh Jonathan Michael.

Tapi Kemal berkata: "Mereka berencana untuk mengadakan penyelidikan - bagaimana sebuah organisasi dapat menilai dirinya sendiri atas sesuatu yang begitu menghebohkan?"

Menurutnya masalah yang terlibat relatif mudah. “Saya ingin tahu bagaimana mereka bisa membiarkan itu terjadi, tetapi ada jawaban sederhana – mereka tidak memeriksa keamanan. Mengapa orang mati tidak diberikan keamanan yang layak diperiksa? Dia [Fuller] pergi ke kamar mayat mati – itu jelas seharusnya menimbulkan alarm.”

Kemal lelah dengan pengalamannya 14 tahun lalu di Haringey. Ketika itu sebagai pekerja sosial dia memperingatkan dewan dan pemerintah bahwa Baby P tidak dilindungi dengan baik, enam bulan sebelum bocah itu meninggal.

Alih-alih bertindak atas penilaiannya, dewan di Inggris mengeluarkan perintah terhadap Kemal, yang melarangnya berbicara tentang pengasuhan anak.

“Saya tidak memercayai sistem apa pun lagi setelah bencana Baby P,” katanya.

“Itu selalu sama dengan setiap pertanyaan berdarah: apakah Anda harus mendorong orang keluar (meninggalkan jabatannya) atau menjadi sangat jelas bahwa mereka harus pergi.”

Dia menambahkan: “Tidak masalah apa yang dikatakan Jonathan. Saya akan meminta Scott untuk mengundurkan diri. Saya akan melakukannya dengan megafon.”

Kemal didukung oleh Center for Women's Justice, agar pandangan keluarga menjadi fokus utama penyelidikan. “Suara-suara biasa dari keluarga para korban tidak terdengar, dan itu harus diubah.”

Dia juga ingin melihat hukuman untuk necrophilia (kelainan seksual di mana seseorang memiliki hasrat seksual terhadap mayat) ditingkatkan, dari maksimal dua tahun saat ini minimal 10 tahun penjara.

Parahnya pelecehan yang dilakukan David Fuller baru muncul awal bulan ini, setelah dia mengaku bersalah atas penyerangan seksual dan pembunuhan Wendy Knell dan Caroline Pierce di Tunbridge Wells pada 1987.

Kemal tidak pernah menggunakan nama Fuller.

"Saya memanggilnya 'tidak penting' karena saya tidak ingin memanggilnya dengan namanya."

Dia membaca tentang persidangannya saat pulang pada 9 Oktober, hari ketika polisi memberi tahu bagaimana jasad Azra telah dilecehkan.

"Saya membaca tentang pembunuhan di tempat tidur di kereta, dan dalam beberapa jam hal pria tidak penting itu telah memasuki hidup saya."

Azra, yang bekerja untuk Sky News dan akan berlatih sebagai pengacara, tewas pada Juli tahun lalu. Dia jatuh melalui celah di jembatan jalan raya di atas Medway saat lari dari mobil yang terbakar.

Ketika dia diberi tahu bahwa jasad Azra diperkosa tiga kali di kamar mayat, Kemal berkata "semuanya kacau - saya tidak bisa menggambarkan yang saya rasakan".

Dia diberitahu bahwa serangan pertama terjadi beberapa jam sebelum dia melihat putrinya di kamar mayat. “Dia tidak terlihat damai dan sekarang saya tahu mengapa,” katanya.

Kemal, yang berbicara tentang pada hari yang seharusnya menjadi ulang tahun ke-26 Azra, mengatakan putrinya ingin dia berbicara.

“Dia tidak pernah menutup mulut, jadi saya berharap untuk memperjuangkan Azra. Orang tidak suka berbicara tentang kematian, apalagi memperkosa orang mati, karena itu memunculkan ketakutan bagi orang-orang. Tapi saya harus angkat bicara.”

Dia menambahkan: “Saya mungkin terlihat bukan siapa-siapa, tetapi saya ibu Azra dan itu adalah seseorang. Hal yang paling membanggakan dalam hidup saya adalah menjadi ibu bagi Azra.”

Maidstone dan Tunbridge NHS Trust mengacu pada pernyataan yang dikeluarkan oleh Scott awal bulan ini di mana dia meminta maaf kepada keluarga korban dari Fuller. Dia mengatakan "bertekad untuk melihat apakah ada pelajaran yang bisa dipelajari atau sistem yang harus diperbaiki".

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/20/193308470/jasad-anaknya-diperkosa-di-kamar-mayat-ibu-ini-tuntut-pimpinan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke