Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tagihan Listrik Melonjak, Warga Spanyol Ramai-ramai Pasang PLTS Atap

MADRID, KOMPAS.com – Pada suatu pagi yang cerah dan dingin di sebuah kota kecil di timur Madrid, Spanyol, Esther Banales berdiri di luar rumahnya.

Para teknisi memanjat atap rumahnya untuk memasang 16 panel surya yang dia harap akan memotong tagihan listriknya lebih dari sepertiga.

“Kami merasakan kenaikah tagihan listrik naik, dan orang-orang membicarakan apakah kami akan mengalami masalah pasokan, jadi saya memutuskan ini adalah waktu yang tepat (untuk memasang panel surya),” kata Banales.

Banales mengakui, investasi yang dia tanam untuk memasang PLTS atap si rumahnya tidaklah murah, sekitar 7.600 euro (Rp 122 juta).

Namun, Banales berpendapat bahwa dia bisa balik modal secepatnya.

Banales rupanya tidak sendirian. Ada banyak warga Spanyol yang mulai berbondong-bondong memasang panel surya atap.

Beberapa perusahaan pemasangan panel surya atap mengaku semakin banyak warga yang ingin memasang PLTS di rumah sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (18/11/2021).

Permintaan pemasangan PLTS atap tersebut tak lepas dari lonjakan tagihan listrik yang disebabkan melambungnya harga gas bumi untuk pembangkit listrik.

Menurut Otovo, perusahaan asal Norwegia yang melayani pemasangan panel surya atap, permintaan PLTS atap sedang booming di beberapa negara Eropa.

“Dalam kasus Spanyol, tahun lalu ada satu pelanggan yang tertarik, hari ini kami memiliki tiga,” kata Inigo Amoribieta, yang bertanggung jawab atas bisnis Otovo di Spanyol.

Reuters melaporkan, tagihan listrik telah meningkat rata-rata hampir 12 persen di Spanyol sejak 2018.

Tak cukup sampai di situ, tagihan listrik kembali meningkat hingga 50 persen dalam dua pekan pertama November dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut asosiasi konsumen FACUA.

Kelompok niaga energi terbarukan Spanyol APPA mengatakan, jika tagihan listrik masih berada pada level tertinggi saat ini, panel surya atap dapat menghemat 40 persen hingga 60 persen tagihan listrik tahunan.

Dengan subsidi pemerintah sekitar 900 juta euro, dilengkapi dengan keringanan pajak lokal, biaya tersebut akan “balik modal” dalam lima tahun, kata APPA.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/18/214912970/tagihan-listrik-melonjak-warga-spanyol-ramai-ramai-pasang-plts-atap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke