Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Protes Anti-kudeta Sudan Jadi Mematikan, 5 Demonstran Dilaporkan Tewas

KHARTOUM, KOMPAS.com – Komite Pusat Dokter Sudan melaporkan, sebanyak lima demonstran tewas dalam aksi protes pro-demokrasi di Sudan pada Sabtu (13/11/2021).

Dari kelima korban tewas tersebut, empat orang tewas karena luka tembak sedangkan satunya tewas karena tersedak gas air mata selama bentrokan dengan pasukan keamanan.

Di kota-kota seluruh Sudan, puluhan ribu orang masih turun ke jalan untuk menggelar aksi protes anti-kudeta sebagaimana dilansir BBC.

Polisi Sudan mengatakan, mereka hanya menggunakan kekuatan minimum untuk menahan aksi demonstrasi.

Televisi pemerintah melaporkan, 39 polisi terluka parah dalam bentrokan tersebut.

Kekerasan mematikan itu terjadi beberapa hari setelah dewan penguasa yang dipimpin militer diumumkan.

Panglima Militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan ditunjuk sebagai kepala dewan penguasa pada Kamis (11/11/2021).

Burhan telah menanggalkan lengan sipil dari perjanjian pembagian pemerintahan, menangkap para pemimpin sipil, dan menyatakan keadaan darurat bulan lalu.

Pengambilalihan kekuasaan yang dilakukan militer Sudan pada 25 Oktober tersebut mengundang kecaman internasional.

Para pengunjuk rasa akhirnya turun ke jalan sejak saat itu. Mereka menuntut pemerintah militer mundur dan mengizinkan transisi damai ke pemerintahan sipil.

Aksi protes yang digelar pada Sabtu terus berlanjut meski kehadiran pasukan keamanan yang ketat. Demonstrasi juga digelar di luar negeri, termasuk di Paris dan Berlin.

AFP melaporkan, pengunjuk rasa di ibu kota Sudan, Khartoum, berteriak menolak kekuasaan militer dan menuntut dewan penguasa yang dipimpin militer dibubarkan.

Selain lima orang tewas, Komite Pusat Dokter Sudan juga melaporkan bahwa ada banyak orang yang terluka dalam aksi protes.

Petugas medis menambahkan, pasukan keamanan telah menyerbu sebuah rumah sakit di kota Omdurman dan menahan beberapa orang yang terluka.

Kedutaan AS di Khartoum mengutuk kekerasan di Sudan.

Mereka menyebut adanya penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap warga yang berdemonstrasi untuk kebebasan dan demokrasi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/14/092456670/protes-anti-kudeta-sudan-jadi-mematikan-5-demonstran-dilaporkan-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke