Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengadilan AS Tunda Rilis Dokumen Penyerbuan Capitol Hill Sesuai Permintaan Trump

Dokumen-dokumen itu dibutuhkan Komite Pemilihan DPR yang menyelidiki penyerbuan Gedung Capitol, dan telah diperintahkan untuk dirilis pada Selasa (9/11/2021) oleh hakim distrik AS.

Namun, Pengadilan Banding AS untuk DC Circuit pada Kamis mengatakan, mereka mengabulkan apa yang disebut perintah administratif dan argumen terjadwal untuk 30 November.

Pada 6 Januari ratusan pendukung Trump menyerbu Capitol Hill yang merupakan gedung Kongres, dan menghambat sesi pengesahan Joe Biden sebagai pemenang pilpres AS 2020.

Biden menyetujui perilisan dokumen yang dipegang oleh Arsip Nasional itu, dan jadwal awalnya Panel DPR akan menerima batch pertama pada Jumat (12/11/2021), menurut laporan AFP.

Secara keseluruhan DPR AS meminta lebih dari 770 halaman dokumen, termasuk catatan dari para ajudan utama Trump serta memo kepada sekretaris persnya.

Di antara catatan-catatan itu ada dokumen dari mantan kepala staf Trump Mark Meadows, mantan penasihat seniornya Stephen Miller, dan mantan wakil penasihatnya Patrick Philbin.

Trump juga ingin memblokir rilis White House Daily Diary yaitu catatan aktivitas, perjalanan, briefing, dan panggilan teleponnya.

Dokumen lain yang Trump tidak ingin Kongres lihat termasuk memo untuk mantan sekretaris persnya Kayleigh McEnany, catatan tulisan tangan pada acara 6 Januari, dan draf teks pidatonya di rapat umum "Save America".

Disampaikan sesaat sebelum penyerbuan gedung Kongres AS, Trump dalam pidato tersebut mendesak para pengikutnya untuk berjuang setengah mati guna membela klaim palsunya bahwa hasil pilpres AS dicuri darinya.

Awal pekan ini, komite DPR mengeluarkan panggilan ke pengadilan kepada para pembantu Trump yang diduga merencanakan membatalkan kekalahannya di sebuah hotel mewah di Washington, serta untuk beberapa pendamping paling seniornya, termasuk McEnany dan Miller.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/12/091815970/pengadilan-as-tunda-rilis-dokumen-penyerbuan-capitol-hill-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke