Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penumpang Pura-pura Sakit Bikin Pesawat Mendarat Darurat dan Bandara Ditutup 4 Jam

Peristiwa ini terjadi di salah satu bandara tersibuk di Spanyol, Palma de Mallorca, pada Jumat (5/11/2021).

Bandara terpaksa ditutup karena beberapa penumpang lari dari pesawat setelah mendarat darurat, kata otoritas bandara.

Pesawat tersebut sedang dalam penerbangan rute Maroko-Turki, lalu dialihkan ke pulau Mallorca karena dugaan darurat medis, kata pasukan polisi Garda Sipil Spanyol kepada AFP.

Saat evakuasi penumpang yang diduga sakit, sekitar 20 orang mencuri kesempatan untuk melarikan diri dari pesawat yang berada di landasan. Sebanyak dua di antaranya kemudian ditangkap, menurut keterangan polisi.

Para penyelidik berasumsi, insiden medis itu sengaja dilakukan untuk memasuki Spanyol secara ilegal, lapor surat kabar El Pais.

Penumpang yang mengeluh tidak enak badan dilarikan ke rumah sakit, tetapi di sana ia dinyatakan sehat sepenuhnya. Ia kemudian ditangkap karena membantu imigrasi ilegal, tulis lanjutan berita di El Pais.

Seorang penumpang yang menemaninya ke rumah sakit juga menghilang, kata surat kabar itu, sedangkan lima orang ditangkap selain yang pura-pura sakit.

Menurut situs web pelacak penerbangan FlightRadar24, pesawat yang dialihkan adalah Airbus A320 AirArabia Maroc dalam penerbangan rute Casablanca dan Istanbul.

Akibat insiden ini, 13 pesawat menuju Palma dialihkan ke bandara lain, dan 16 penerbangan yang berangkat mengalami penundaan signifikan, menurut otoritas bandara.

Bandara Palma de Mallorca dibuka kembali sekitar Jumat tengah malam setelah ditutup selama sekitar empat jam.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/06/170211270/penumpang-pura-pura-sakit-bikin-pesawat-mendarat-darurat-dan-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke