Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Covid-19 di China Naik Lagi, Resepsi Pernikahan Dilarang

Terbaru, pada Jumat China mengumumkan 48 kasus baru, menjadikan penghitungan menjadi hampir 250 dalam seminggu terakhir.

Namun Pemerintah China tidak mau mengambil risiko. Puluhan ribu orang di kota Beijing - yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari - di-lockdown setelah beberapa kasus terdeteksi.

Warga harus "menunda pernikahan, mempersingkat permakaman, tidak mengadakan jamuan makan, dan mengurangi pertemuan yang tidak perlu", kata wakil kepala pusat pengendalian penyakit kota, Pang Xinghuo, pada konferensi pers Jumat yang dikutip AFP.

Tempat-tempat wisata selanjutnya akan membatasi kapasitas, sementara resor Universal Studios yang baru dibuka akan memasuki "keadaan pencegahan epidemi darurat", ujar wakil kepala publisitas Beijing, Xu Hejian, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara itu, antrean membentang sampai jalan di luar pusat medis Beijing, ketika orang-orang mematuhi pembatasan yang baru ditingkatkan.

Pengembang perangkat lunak Tu Anling (24) mengatakan kepada AFP, dia harus tes Covid-19 sebelum diizinkan naik kereta ke Nanjing, sebuah kota yang berjarak 1.000 kilometer di selatan.

"Saya awalnya mengajak bertemu teman-teman di sini (di Beijing), tetapi wabah baru-baru ini membuat banyak orang tiba-tiba mengatakan mereka tidak bisa datang," katanya.


Banyak daerah yang mewajibkan penumpang menunjukkan hasil tes negatif sebelum masuk, terutama dari kota-kota yang baru-baru ini melaporkan kasus.

Para warga lainnya mengatakan kepada AFP bahwa mereka harus tes Covid-19 untuk mengikuti ujian akademik atau profesional.

Sekitar setengah dari semua penerbangan di dua bandara utama ibu kota dibatalkan pada Jumat, menurut platform pelacakan China Feichangzhun.

Sebelumnya pada Kamis (28/10/2021) otoritas kereta api memerintahkan dua kereta berkecepatan tinggi tujuan Beijing untuk berhenti, dan mengetes lebih dari 450 penumpang setelah anggota staf diidentifikasi sebagai kontak dekat dari orang yang terinfeksi.

Khawatir dengan peningkatan kasus Covid-19 di China, sejumlah kota lain juga memperketat pembatasan.

Otoritas di Harbin - ibu kota provinsi Heilongjiang - memperingatkan 10 juta penduduknya agar tidak melakukan perjalanan keluar dan menghentikan sepertiga penerbangan di bandara kota.

Saat ini sekitar enam juta orang di-lockdown di seluruh China, termasuk sekitar empat juta di kota Lanzhou dan daerah Mongolia Dalam, Ejin, yang dihuni sekitar 35.000 orang.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/30/145537370/kasus-covid-19-di-china-naik-lagi-resepsi-pernikahan-dilarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke