Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buntut Klaim Batik, Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021 Tutup Kolom Komentar dan Minta Maaf

Dalam foto yang diunggah pada Minggu (17/10/2021), Lavanya Sivaji mengenakan gaun hitam berhiaskan kain batik berwarna senada untuk menghadiri kontes kecantikan yang diikutinya.

Lavanya Sivaji mengungkap rasa terima kasihnya karena pakaian yang indah untuk malam finalnya.

Dia juga mengungkap rasa bangga mewakili negaranya dan bersyukur karena diajarkan untuk menghargai keragaman budaya.

Masalahnya, ia menyertakan caption yang tergolong kontroversial dan memicu kemarahan publik.

Unggahan tersebut kemudian menjadi sasaran kemarahan netizen Indonesia. Ucapan Lavanya Sivaji dianggap sama seperti mengeklaim batik sebagai milik negaranya, Malaysia.

Tak lama berselang, kolom komentarnya langsung dibanjiri kritik dari warganet. Banyak yang menilai ia tak pantas bersaing dalam ajang kecantikan karena wawasannya begitu minim.

Selain itu, perilakunya dianggap tak pantas karena mencomot batik sebagai budaya Malaysia.

Padahal, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) asal Indonesia.

Lavanya Sivaji minta maaf dan tutup kolom komentar

Derasnya kecaman yang mengalir dari warganet membuat Lavanya Sivaji menutup kolom komentar di akun Instagramnya, @lavanyasivaji.

Ia lantas mengubah caption bermasalah itu dengan kalimat yang lebih netral.

"Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya."

"Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulisnya dalam foto yang mendapat lebih dari 3.000 likes itu.

Meski demikian, perubahan caption sepertinya tidak membuat warganet puas. Kritik masih mengalir dan unggahannya terus dibagikan ulang di sejumlah platform lainnya.

Lavanya Sivaji kemudian mengunggah permintaan maaf pada Kamis (21/10/2021) dan kolom komentar di Instagramnya juga ditutup.

Berdasarkan caption tersebut, Lavanya Sivaji mengakui kata batik memang berasal dari Jawa sekaligus desain dan sejarahnya.

Namun, ia menyebutkan tidak sedikit negara lain yang mempraktikkan unsur budaya tersebut termasuk Malaysia, Sri Lanka, dan India dengan desain maupun motifnya masing-masing.

"Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya, dan tradisi kita."

Permintaan maaf Lavanya Sivaji disertai foto mengenakan gaun batik yang dipermasalahkan, tetapi dengan pose berbeda.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Sekar Langit Nariswari, Rintan Puspita Sari | Editor: Lusia Kus Anna, Rintan Puspita Sari)

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/22/204254670/buntut-klaim-batik-lavanya-sivaji-miss-world-malaysia-2021-tutup-kolom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke