Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ambisi India Punya Jet Tempur Siluman Buatan Dalam Negeri pada 2025

NEW DELHI, KOMPAS.com – India berambisi mempuyani jet tempur generasi kelima alias jet tempur siluman buatan dalam negeri pada 2025.

Untuk merealisasikan ambisi tersebut, “Negeri Anak Benua” telah meluncurkan program bernama Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA).

Pada 2018, India menarik diri dari program bersama Jet Tempur Generasi Kelima Rusia-India (FGFA) untuk memproduksi jet tempur baru berdasarkan Su-57 Rusia.

Meski Angkatan Udara India (IAF) memiliki reservasi teknis konkret melalui FGFA, keputusan New Delhi untuk menarik diri dari program FGFA bukannya tanpa konteks politik.

FGFA secara bertahap akan membuat India tidak memiliki kebebasan di masa depan.

Pasalnya, tujuan India adalah membangun industri pertahanan dalam negerinya sebagai bagian dari inisiatif Make in India dari pemerintah.

Setelah itu, terealisasilah proyek AMCA, yang sebenarnya telah dirancang sejak 2014, sebagaimana dilansir The National Interest.

AMCA merupakan proyek teknis yang juga merupakan bagian dari upaya kebijakan India yang lebih luas untuk berinvestasi di sektor industri pertahanan.

Program tersebut dipimpin oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India.

Selain itu, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan juga dijadwalkan untuk melibatkan upaya dari kontraktor lokal.

AMCA dirancang sebagai jet tempur generasi kelima dengan “karakteristik generasi keenam”.

AMCA rencananya memiliki penampang radar canggih untuk kinerja siluman yang superior, integrasi sistem berbasis AI untuk operasi yang efisien, dan tampilan kokpit canggih dengan interface layar sentuh.

Rangkaian avionik AMCA akan dilengkapi dengan serangkaian besar radar canggih dan sistem peperangan elektronik.

AMCA juga akan mengadopsi mesin thrust-vectoring untuk kemampuan manuver yang superior. Namun, hingga kini, masih sedikit yang diketahui tentang persenjataan AMCA.

Sejauh ini, yang diketahui adalah senjata-senjata yang dibawa AMCA akan dimasukkan seluruhnya dalam ruang senjata internal untuk memaksimalkan kinerja siluman dan kemampuan penetrasi yang dalam.

AMCA kemungkinan akan lebih mirip dengan jet F-35 Lockheed Martin daripada Su-57 Rusia atau jet J-20 China.

AMCA tampaknya akan menjadi pelengkap, bukan pengganti, untuk pesawat tempur superioritas udara yang sudah dimiliki IAF.

Ini akan berfungsi sebagai pengganda kekuatan yang fleksibel dengan kemampuan penetrasi yang unggul.

Saat ini, AMCA diharapkan untuk melakukan penerbangan perdananya pada 2025 dengan produksinya direncanakan dimulai pada 2028.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/22/140058270/ambisi-india-punya-jet-tempur-siluman-buatan-dalam-negeri-pada-2025

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke