Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Astronot China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa untuk Misi Terlama

Ketiganya meluncur tak lama selepas tengah malam dari pusat peluncuran Jiuquan di gurun Gobi China, menurut laporan kantor berita pemerintah Xinhua.

Tim tersebut diperkirakan akan menghabiskan enam bulan di stasiun luar angkasa Tiangong.

Setelah peluncuran, Badan Antariksa Berawak China menyatakannya sukses dan mengatakan para anggota kru"dalam kondisi baik, menurut Xinhua yang dikutip AFP.

Mereka diangkut dengan sesawat Shenzhou-13. Misi ini adalah yang terlama, mengalahkan misi 90 hari sebelumnya, yang akan menyiapkan peralatan dan teknologi uji untuk konstruksi masa depan di stasiun Tiangong.

Komandan misi Zhai Zhigang (55), mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama di negara itu pada 2008, mengatakan bahwa tim akan melakukan perjalanan luar angkasa yang lebih kompleks daripada sebelumnya.

Tim astronot itu termasuk pilot militer Wang Yaping (41), perempuan pertama yang mengunjungi stasiun luar angkasa setelah menjadi perempuan kedua China di luar angkasa pada 2013.

Anggota tim lainnya adalah pilot Tentara Pembebasan Rakyat Ye Guangfu (41).


Kru luar angkasa yang memecahkan rekor sebelumnya saat melakukan misi pertama ke Tiangong, kembali ke Bumi pada September setelah tiga bulan di stasiun luar angkasa.

Program luar angkasa China disiapkan untuk mendaratkan penjelajah di Mars dan mengirim wahana ke bulan.

Tiangong, yang berarti "istana surgawi", diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun.

Modul intinya memasuki orbit awal tahun ini, dan stasiunnya diharapkan akan beroperasi tahun 2022.

Jika sudah selesai, Tiangong akan mirip stasiun Soviet Mir yang mengorbit Bumi dari tahun 1980-an hingga 2001.

Misi panjang dibuat untuk memperluas batas teknologi China dan memverifikasi kapasitas sistem stasiun luar angkasa untuk durasi pendudukan manusia yang lebih lama, ujar Chen Lan analis luar angkasa independen di GoTaikonauts, kepada AFP.

"Saya tidak berpikir itu sangat menantang, karena teknologi China (sudah) cukup matang, meskipun apa pun di luar angkasa selalu menantang," kata Chen.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/16/092734470/3-astronot-china-mendarat-di-stasiun-luar-angkasa-untuk-misi-terlama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke