Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah PM Jepang yang Baru, Fumio Kishida

Pemilihan PM Jepang ini dilakukan pada Rabu (29/9/2021), dan Fumio Kishida membalikkan prediksi dengan mengalahkan Taro Kono.

Kepala Vaksinasi Jepang itu awalnya dijagokan kuat untuk menggantikan Yoshihide Suga yang mundur setelah satu tahun duduk di kursi PM Jepang.

Dengan terpilih sebagai PM Jepang yang baru, Fumio Kishida (64) akan dikukuhkan dalam pemungutan suara di parlemen pada 4 Oktober, dan memimpin LDP di pemilu Jepang pada November.

Berbicara setelah kemenangannya di pemilihan PM Jepang, Fumio Kishida meminta para anggota untuk"menunjukkan kepada publik bahwa LDP telah dilahirkan kembali, dan memohon dukungan mereka.

Fumio Kishida adalah keturunan keluarga politik dari Hiroshima, yang sejak lama mengincar posisi PM Jepang, tetapi tahun lalu gagal mencalonkan diri sebagai pemimpin partai karena kalah dari Yoshihide Suga.

"Keahlian saya adalah untuk benar-benar mendengarkan orang," kata mantan menteri luar negeri itu setelah kemenangannya pada Rabu, seraya menjanjikan masa depan yang cerah bagi Jepang.


Pemilihan PM Jepang berlangsung ketat. Fumio Kishida mengungguli Taro Kono hanya dengan selisih satu suara di putaran pertama, lalu di putaran kedua unggul 257 suara berbanding 170 milik Taro Kono.

Sebanyak dua kandidat PM Jepang lainnya, Sanae Takaichi dan mantan menteri kesetaraan gender Seiko Noda, tidak maju melampaui pemungutan suara putaran pertama.

Fumio Kishida juga merupakan mantan kepala kebijakan LDP, dan berusaha memanfaatkan ketidakpuasan publik atas kebijakan Yoshihide Suga terhadap pandemi Covid-19, yang membuat peringkat persetujuan pemerintahnya merosot ke rekor terendah.

"Kita harus tetap serius menerapkan kebijakan virus corona dengan segala cara. Saya akan menciptakan suasana di mana kita dapat mengatasi krisis bersama-sama," katanya kepada wartawan, dikutip Kompas.com dari AFP.

Pada kebijakan luar negeri, Fumio Kishida berjanji untuk melindungi nilai-nilai dasar yang dipimpin oleh demokrasi.

PM Jepang yang baru itu juga berkata, akan menunjukkan kontribusi "Negeri Sakura" pada tantangan global, terutama masalah lingkungan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/30/103632570/inilah-pm-jepang-yang-baru-fumio-kishida

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke