Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lahar Terus Mengalir Deras, Letusan Gunung La Palma Bisa Berlangsung Tiga Bulan

MADRID, KOMPAS.com - Letusan gunung berapi La Palma di Kepulauan Canary Spanyol bisa berlangsung selama tiga bulan, menurut perhitungan para ahli.

Institut Vulkanologi Kepulauan Canary mengatakan pada Rabu (22/9/2021) bahwa letusan di pulau La Palma dan akibatnya dapat berlangsung hingga 84 hari.

Lembaga itu mengatakan telah melihat perhitungan panjang letusan sebelumnya di kepulauan itu.

Seperti letusan terbaru, aktivitas vulkanik akan diikuti aliran lava deras dan aktivitas seismik yang berlangsung lama.

Artinya, warga masih bisa menghadapi risiko gempa bumi, aliran lahar, gas beracun, abu vulkanik, dan hujan asam.

Lembaga tersebut juga melaporkan pada Selasa (21/9/2021) malam, terjadi peningkatan jumlah letusan kecil yang melemparkan batu dan abu tinggi ke udara dari gunung berapi La Palma.

Sejak letusan pada Minggu lalu, sungai lava yang kuat, setinggi enam meter, telah menelan 185 bangunan, sebagian besar rumah di pedesaan.

Petugas darurat di pulau itu berusaha mengalihkan sebagian lahar dengan traktor pemindah material untuk membersihkan jalur, sehingga batuan cair dapat mengikuti, dengan harapan menjauhkannya dari rumah penduduk.

Namun, para pejabat mengatakan mereka tidak tahu apakah itu akan berhasil.

Sekitar 1.000 orang dievakuasi di kemudian hari dari lingkungan Todoque di garis pantai, sehingga jumlah total orang yang dievakuasi menjadi sekitar 6.000 orang.

Pertemuan lava, yang lebih dari 1.000 derajat Celsius, dengan badan air dapat menyebabkan ledakan dan menghasilkan awan gas beracun.

Evakuasi segera telah membantu menghindari korban dari letusan, meskipun kerusakan rumah, infrastruktur dan lahan pertanian signifikan, menurut para pejabat melansir Sky News pada Rabu (22/9/2021).

Gunung berapi itu juga telah memuntahkan antara 8.000 dan 10.500 ton belerang dioksida - yang juga mempengaruhi paru-paru setiap hari, menurut Institut Vulkanologi Kepulauan Canary.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/23/161422470/lahar-terus-mengalir-deras-letusan-gunung-la-palma-bisa-berlangsung-tiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke