Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KJRI Sydney Terapkan SNI ISO 9001 dan 37001 untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari pembangunan dan pembenahan tata kelola sesuai dengan kerangka besar Reformasi Birokrasi Pemerintah Republik Indonesia.

“Penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) yang telah diraih pada tahun 2019 mendorong KJRI Sydney untuk terus meningkatkan pelayanan publik,” demikian disampaikan Konsul Jenderal Heru Subolo, dalam acara sosialisasi penerapan ISO 9001 dan ISO 37001 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (9/8/2021).

Konjen Heru Subolo menambahkan bahwa KJRI Sydney telah menerapkan kebiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), e-office, dan sistem internal lainnya yang pada hakikatnya selaras dengan semangat penerapan sertifikasi ISO 9001 dan ISO 37001.

“KJRI Sydney akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan kualitas pelayanan kelas dunia,” pungkas Konjen Heru dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dalam sambutannya, Kepala BSN menyampaikan bahwa pencanangan penerapan ISO 9001 dan ISO 37001 di KJRI Sydney kiranya menjadi contoh bagi intansi pemerintah lainnya untuk dapat meningkatkan produk dan kualitas pelayanannya.

Dengan demikian, diharapkan bahwa masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di luar negeri, merasa terjamin karena mengetahui bahwa layanan yang diajukan akan diproses sesuai dengan jaminan kualitas standar ISO.

KJRI Sydney mengharapkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terkait guna mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien, dan transparan, tidak hanya dalam kerangka penerapan standar ISO, tetapi juga sebagai bagian dari upaya meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 37001 merupakan bagian dari standar internasional dalam sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi.

Sertifikasi ISO 9001 memiliki fokus pada upaya peningkatan kredibilitas organisasi untuk memastikan hasil pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan pemohon layanan.

Sementara itu, ISO 37001 memiliki fokus pada pembangunan sistem manajemen anti penyuapan yang bertujuan tidak hanya untuk menciptakan kepuasan layanan, tetapi juga menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/12/115157270/kjri-sydney-terapkan-sni-iso-9001-dan-37001-untuk-tingkatkan-kualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke