Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Varian Delta Merajalela, Filipina Terapkan Lockdown yang Lebih Ketat

MANILA, KOMPAS.com – Lockdown lebih ketat diberlakukan di ibu kota Filipina, Manila, ketika Covid-19 varian Delta semakin merajalela.

Lockdown tersebut juga berlaku bagi kota-kota satelit di sekitar Manila hingga 20 Agustus mendatang.

Lockdown kali ini merupakan yang ketiga kalinya di Manila sejak dimulainya pandemi Covid-19 sebagaimana dilansir The Telegraph.

Penerapan pembatasan yang keras tersebut akan semakin membuat menderita para pekerja harian yang sudah putus asa akibat hilangnya mata pencaharian mereka.

Lockdown tersebut membatasi banyak orang untuk meninggalkan rumah mereka dan melarang perjalanan antar-kota bagi sebagian besar populasi.

Pejabat kesehatan Filipina telah memperingatkan bahwa akhir pandemi masih jauh. Pasalnya, varian Delta sekarang telah menyebar di 13 dari 17 wilayah.

Hingga saat ini, diperkirakan 10,45 persen dari 109 juta penduduk Filipina telah divaksinasi.

Pada Senin (9/8/2021), Filipina melaporkan 8.900 kasus Covid-19 baru dalam 24 jam terakhir.

Sehingga, total jumlah kasus virus corona di negara tersebut sejak pandemi dimulai adalah 78.480 kasus.

Pada Minggu (8/8/2021), Filipina melaporkan 287 kematian akibat Covid-19. Jumlah ini merupakan peningkatan harian tertinggi dalam empat bulan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin, Kementerian Kesehatan Filpina melaporkan bahwa mayoritas kasus Covid-19 saat ini terjadi pada kelompok usia 30 hingga 39 tahun.

Pada Minggu, Philippine Daily Inquirer melaporkan bahwa lebih banyak anak dirawat di Rumah Sakit Umum Filipina, mengutip juru bicaranya Jonas del Rosario.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/09/211220670/varian-delta-merajalela-filipina-terapkan-lockdown-yang-lebih-ketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke