Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

170 Pemadam Kebakaran Dikerahkan di Dekat Situs Yunani Kuno Olympia dan Pulau Evia

ATHENA, KOMPAS.com - Otoritas Yunani mengerahkan 170 petugas pemadam kebakaran pada Kamis (5/8/2021) untuk mengendalikan dua kebakaran besar yang berkobar di dekat Olympia dan pulau Evia Yunani di tengah gelombang panas tinggi.

Olympia adalah tempat suci di Elis, tempat berlangsungnya pertandingan Olimpiade pada zaman Yunani kuno, dan merupakan warisan dunia UNESCO.

Sementara, pulau Evia atau Euboia adalah pulau terbesar dalam kepulauan Yunani.

Lebih dari 170 petugas pemadam kebakaran, sekitar 50 truk, dan 6 helikopter, dan pesawat pengebom air, dikerahkan di dekat situs arkeologi Yunani kuno itu di semenanjung Peloponnese, seperti yang dilansir dari AFP pada Kamis (5/8/2021). 

Pejabat setempat Nektarios Farmakis mengatakan kepada kantor media ANA bahwa api telah menghancurkan sekitar 20 rumah dan "api sekarang menuju ke Lalas", daerah hutan di dataran tinggi di barat laut Olympia.

Besarnya api yang berkobar, membuat orang-orang di Olympia, dan 6 desa terdekatnya, segera dievakuasi sehari sebelumnya, pada Selasa (3/8/2021).

Sejumlah petugas pemadam kebakaran berpacu melawan waktu untuk menahan kobaran api tidak meluas di pulau Evia, sekitar 200 km dari timur Athena.

Setidaknya 150 rumah sudah rusak di pulau Evia ketika api mengepung sebuah biara dan puluhan desa.

Ada 2 desa yang baru dievakuasi pada Kamis (5/8/2021) pagi waktu setempat, menurut laporan ANA.

Wali kota Mantoudi, Giannis Tsapourniotis, mengatakan api bergerak di 4 titik, yang mana salah satunya sangat sulit dikendalikan di dekat Biara Saint David, yang dievakuasi pada Rabu (4/8/2021).

Pada Kamis (5/8/2021), angin kencang membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan menjangkau daerah kebakaran dengan pesawat pemadam kebakaran, karena asap tebal yang membumbung membuat jarak pandang buruk.

Pasukan pemadam kebakaran Yunani mengatakan pada Kamis (5/8/2021) bahwa mereka harus menghadapi 92 kebakaran hutan selama 24 jam, puncaknya 118 titik kebakaran terjadi sehari sebelumnya.

"Kami sedang berperang melawan para raksasa (api)," kata Wakil Menteri Perlindungan Sipil Nikos Hardalias kepada wartawan.

"Yang paling sulit masih akan datang," imbuhnya.

Negara tetangga Turki juga mengalami kebakaran terburuk dalam setidaknya satu dekade, merenggut nyawa 8 orang dan memaksa ratusan orang mengungsi di daerah selatan yang populer dengan tempat wisata.

Para ahli telah memperingatkan bahwa pemanasan global meningkatkan frekuensi dan intensitas kebakaran.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/05/191423370/170-pemadam-kebakaran-dikerahkan-di-dekat-situs-yunani-kuno-olympia-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke