Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Otoritas AS Larang Penjualan Disinfektan Covid-19 yang Sempat Disahkan Trump

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) baru-baru ini mengeluarkan perintah penghentian penjualan disinfektan.

Penjualan disinfektan ini sempat jadi kebijakan di masa pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump dalam memerangi Covid-19.

Badan tersebut, dilansir The Hill, mengatakan bahwa penyelidiknya menentukan Allied BioScience, produsen disinfektan, tidak memenuhi syarat.

Mereka dinilai memasarkan, menjual, dan mendistribusikannya dengan "cara yang tidak konsisten" dengan hukum, peraturan, dan ketentuan otorisasi darurat.

Badan tersebut juga mengatakan mencabut pengecualian darurat untuk bahan kimia, yang dikenal sebagai SurfaceWise2, di Arkansas dan Texas

Inj didasari atas apa yang disebut "kesalahan perusahaan yang dijelaskan di atas dan kekhawatiran ilmiah mengenai kinerja produk."

“Pestisida dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan manusia dan lingkungan, itulah sebabnya EPA mewajibkan pendaftaran mereka sebelum didistribusikan untuk digunakan,” kata Larry Starfield, penjabat kepala kantor penegakan hukum EPA.

“EPA berkomitmen untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan karena tidak mematuhi undang-undang lingkungan federal,” tambahnya.

SurfaceWise2 awalnya disetujui untuk digunakan di Arkansas, Oklahoma dan Texas, termasuk pada beberapa pesawat American Airlines, di fasilitas bandara dan di fasilitas ortopedi.

Pemerintahan Trump telah menggembar-gemborkan persetujuannya atas SurfaceWise 2, dengan Administrator EPA saat itu, Andrew Wheeler, pada November tahun lalu.

Mereka bahkan melihat demonstrasi penggunaannya di Texas.

"EPA harus beradaptasi dengan wabah virus corona dengan menciptakan proses perizinan baru yang memungkinkan produk baru yang inovatif diuji dengan cepat dan efektif dan dianggap aman untuk digunakan," kata Wheeler saat itu.

“Disinfektan tahan lama ini merupakan inovasi hebat dan dapat membantu industri penerbangan dalam beberapa bulan mendatang,” tambahnya.

Sementara, CEO Allied BioScience Michael Ruley mengatakan pada The Hill bahwa perusahaan, "siap sepenuhnya mematuhi" perintah EPA.

"Kami bermaksud untuk memperbaiki dan menyelesaikan ini sesegera mungkin. Kami terus bekerja sama dengan EPA untuk mengonfirmasi perlindungan yang diberikan oleh SurfaceWise2," kata Ruley.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan pada The Hill, juru bicara American Airlines mengatakan perusahaan telah berhenti menggunakan produk disinfektan.

Perusahaan penerbangan ini akan terus mengikuti semua panduan EPA dan federal tentang masalah ini.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/13/110431570/otoritas-as-larang-penjualan-disinfektan-covid-19-yang-sempat-disahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke