Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berfoto di Jalur Kereta Api Jadi Tren Berbahaya di Wales

KOMPAS.com - Polisi dan petugas kereta api di Wales meningkatkan peringatkan tentang bahayanya berfoto di jalur kereta api.

Dalam salah satu kasus, orang tua dengan sembrono meletakkan bayinya di jalur kereta api di Harlech di Gwynedd, demi konten foto.

Gambar dan video semakin banyak muncul di situs media sosial, saat orang-orang berpose di jalur kereta api yang masih beroperasi.

Network Rail mengatakan ada 433 insiden serius yang dilaporkan sejak awal pandemi Covid-19, seperti yang dilansir dari BBC pada Rabu (7/7/2021).

Network Rail telah bergabung dengan ritish Transport Police and Transport for Wales (TfW) untuk meluncurkan kampanye yang menyoroti bahayanya berfoto di atas rel kereta api.

"Tidak ada foto yang sepadan dibanding risikonya bagi Anda atau konsekuensinya bagi keluarga Anda," ujar Inspektur Richard Powell.

"Bermain-main di perlintasan sebidang, termasuk berlama-lama untuk mengambil foto, adalah ilegal dan sangat berbahaya. Anda bisa dibawa ke pengadilan dan menghadapi denda 1.000 poundsterling (Rp 20 juta)," terang Powell.

Pejabat Network Rail mengatakan lebih dari 1 juta tampilan video dan gambar telah beredar di situs media sosial populer dunia.

Ronnie Gallagher, manajer rute perlintasan sebidang di Network Rail mengatakan kampanye itu mendorong "orang-orang di Wales untuk mempertimbangkan kerugian nyata dari mengambil risiko di perlintasan sebidang".

Jody Donnelly, seorang masinis kereta TfW, mengatakan dia dan banyak rekannya harus berurusan dengan "ratusan kejadian menakutkan dan terkadang tragis di perlintasan sebidang".

"Orang-orang tampaknya berpikir bahwa yang terburuk tidak akan terjadi pada mereka,"

Namun, ia menekankan bahwa kecelakaan bisa menimpa siapa pun. Jika terjebak di jalur kereta api, kecelakaan tragis bisa terjadi begitu saja.

Ia mengingatkan bahwa kereta api tidak seperti mobil, yang dapat berhenti tiba-tiba. Saat melaju dengan kecepatan tinggi, kereta api perlu mengerem ratusan meter sebelumnya untuk dapat berhenti.

"Yang berarti keputusan untuk melewati rel bisa berakibat fatal," ucapnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/07/202133470/berfoto-di-jalur-kereta-api-jadi-tren-berbahaya-di-wales

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke