Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabar Baik, Italia Sudah Bebas Masker dan Risiko Rendah Terinfeksi Covid-19

Ini adalah tonggak sejarah bagi Italia, negara Eropa yang terdampak pandemi Covid-19 terparah pada Februari 2020.

Dalam dekrit yang mulai berlaku Senin, Kementerian Kesehatan Italia untuk pertama kalinya mengklasifikasikan semua 20 wilayah sebagai zona putih, yang berarti risiko rendah sesuai tingkat keparahan zona di negara itu.

Itu berarti masker wajah tidak wajib dipakai di luar ruangan.

Kasus Covid-19 Italia dan angka kematian yang pernah menjadi terparah di Eropa, turun dalam beberapa pekan terakhir.

Sepertiga penduduk Italia di atas usia 12 tahun telah divaksinasi pada Minggu (27/6/2021), atau tepatnya 17.572.505 orang, menurut data Pemerintah "Negeri Pizza".

Para turis dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Jepang, juga diperbolehkan masuk lagi setelah sempat dilarang atau diwajibkan menjalani karantina.


Meskipun ada kemajuan, Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mendesak warganya untuk tetap waspada.

"Ini kabar menggembirakan, tetapi kehati-hatian dan kewaspadaan masih diperlukan, terutama karena varian baru," tulis Speranza setelah menandatangani ordonansi, Sabtu (26/6/2021).

"Pertempuran belum dimenangkan," lanjutnya dikutip dari AFP.

Setelah lockdown parsial atau penuh dengan periode panjang sejak November untuk menangani gelombang kedua, pembatasan dilonggarkan di seluruh Italia akhir bulan lalu.

Seluruh negara menjadi zona kuning yang berarti lebih banyak kebebasan, tetapi masih ada jam malam dan jam buka restoran yang lebih pendek.

Covid-19 di Italia telah merenggut lebih dari 127.000 nyawa karena komplikasi, sedangkan kasus virus corona di Italia total mencapai di atas empat juta.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/28/114414170/kabar-baik-italia-sudah-bebas-masker-dan-risiko-rendah-terinfeksi-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke