Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Musik Hip Hop, Lahir di Pesta, Terinspirasi DJ Jamaika

Tapi, itu bukan pesta biasa. Sejarah dimulai tanpa perlu menunggu lama. Hip hop pertama kali terputar di pesta ulang tahun itu. Campbell, pemimpin pesta, saudari perempuan dari yang sedang berulang tahun, seketika jadi sosok penting.

Campbell, atau lebih dikenal dengan nama DJ Kool Herc, langsung dikenal jadi penemu hip hop. Sosok yang memainkan musik ini untuk pertama kali.

Musik hip hop tak serta merta muncul dalam pesta itu. Herc, yang memang lahir dan besar di Kingston, Jamaika, sejak kecil gemar memutar rekaman di pesta-pesta, di antara set yang dimainkan band ayahnya.

Kegemarannya terus berlanjut hingga masa remajanya di Bronx sekitar awal 1970-an. Herc seringkali meniru gaya disc jockey (DJ) Jamaika, yang gemar berbicara diiringi rekaman yang diputar.

Inilah yang menjadi dasar musik hip-hop. Kontribusi Herc dalam mengenalkan permainan ini, mengubah sejarah panjang musik populer. Memperkenalkan satu lagi ragam musik bernama hip-hop.

Herc juga memperkenalkan teknik hip-hop yang masih dipakai sampai hari ini. Herc memakai dua turntable, lantas beralih berulang kali di antara dua salinan dari rekaman yang sama.

Ini memungkinkan apa yang paling ingin didengar penonton, yakni suara drum pendek, bisa tersaji lebih lama.

Herc menyebut teknik ini Merry Go Round. Dunia menyebutnya teknik "break beat."

Puncaknya terjadi di pesta ulang tahun saudarinya itu. "Break beat" yang sudah lama diasah Herc, semakin sempurna. 11 Agustus 1973, di tengah padatnya kerumunan pesta diiringi sound sistem kencang, Herc memamerkan aksinya untuk pertama kali.

Revolusi musik akar rumput telah dimulai. Musik tak bernama yang enam tahun kemudian dikenal sebagai hip-hop, melesat jauh, perlahan memasuki jantung industri musik populer.

Nama DJ Kool Herc memang sedikit terlupakan, tergerus oleh sosok-sosok lain yang ke depannya ikut mengembangkan hip-hop. Tapi tanpa Herc, hip-hop kemungkinan besar tak akan pernah ada.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/26/105016970/sejarah-musik-hip-hop-lahir-di-pesta-terinspirasi-dj-jamaika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke