Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Alat Tes Covid-19 untuk Anak-anak Ini Berbentuk Lolipop

Untuk melacak infeksi dan menawarkan alternatif pengujian, provinsi Burgenland Austria telah memesan 35.000 tes lolipop, kata juru bicara pemerintah daerah kepada AFP.

Surat telah dikirim ke para orangtua yang menginformasikan, bahwa Burgenland akan melakukan tiga tes gratis per minggu ke setiap anak.

Untuk melakukan tes virus corona dengan lolipop ini, caranya adalah meletakkan alat tes di mulut, isap selama 90 detik, celupkan alat tes ke dalam wadah, tunggu 15 menit dan hasilnya akan keluar.

Dominik Krotschek desainer grafis dan seorang ayah mengatakan, anaknya yang berusia tiga tahun mengikuti tes dengan baik, meski warna alatnya tidak cerah atau manis seperti permen lolipop asli, dan malah seperti kapas besar.

"Itu bukan masalah... Kami melakukannya lagi hari ini dan berhasil dengan baik," terang Krotschek kepada AFP pada Kamis (29/4/2021).

"Saya rasa wajar kontrolnya lebih ketat di sektor pendididkan."

Ia pernah membuat perintis tes obat kumur yang serupa dan mudah digunakan, dan sekarang banyak dipakai di negara berpenduduk 8,9 juta orang itu.

Ketika penemuannya diakui oleh kota Wina tahun lalu, wali kota bertanya apa yang bisa dia lakukan untuk menguji balita.

Foedinger menjawab, "Saya juga punya ide untuk itu."

Di Wina, Foedinger sekarang melakukan penelitian dengan anak-anak berusia 1-6 tahun di lima TK.

Penelitian itu bertujuan menunjukkan seberapa akurat hasil tes, dan membantu memutuskan apakah tes lolipop ini dapat diterapkan lebih luas.

Meski anak-anak dibebaskan dari banyak protokol kesehatan, ada kekhawatiran dengan dibukanya kembali sekolah dan TK, varian lebih menular yang muncul di Inggris dan dominan di beberapa negara Uni Eropa dapat menyebar luas di kalangan remaja dan anak-anak.

Hal ini dapat berpengaruh ke lonjakan kasus lain dan mengancam kemajuan vaksinasi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/10/151132370/unik-alat-tes-covid-19-untuk-anak-anak-ini-berbentuk-lolipop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke