Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biksu Penyendiri di Dunia Tinggal di Kuil Tengah Danau Jauh dari Peradaban

Bertempat tinggal di Kuil Rituo, biarawan Ahwang Pincuo menghabiskan hari-harinya sepinya seorang diri. Kesehariannya mengambil air dari danau, menenun sutra, dan bermeditasi.

Rituo, yang berarti "batu di atas gunung", terkenal sebagai kuil paling sepi di Tibet. Lebih dari 700 tahun lamanya tempat ini memiliki sejarah penghunian tunggal.

Namanya diambil dari keberadaan sebuah batu berumur berabad-abad. Ada kepercayaan tempat ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan segala penyakit, dan masih diyakini sampai sekarang.

“Tempat terpencilnya berjarak sekitar tiga mil ke desa kecil terdekat dan lebih dari 100 mil jauhnya dari kota terdekat,” Gyantse melansir The Sun.

Keadaan soliternya akan diteruskan ke penggantinya. Tetapi terlepas dari gaya hidup solo yang dijalankan, mereka dapat menemukan penghiburan dalam pemandangan yang menakjubkan. dan pintu air yang menjaga rumah ibadah.

Kuil Rituo menawarkan pemandangan lanskap yang menakjubkan. Serta menjadi tempat observasi yang luar biasa untuk mengamati satwa liar asli.

Di lokasi ini dengan mudah terlihat antelop Tibet berlari-lari melintasi pegunungan hingga angsa menikmati air yang indah. Saat malam tiba, langit penuh bintang terpantul di danau. Jadi ini benar-benar real estat terbaik.

Kuil ini juga dianggap sebagai salah satu permata tersembunyi negara itu. Pulaunya jarang dijamah karena berada di sebidang tanah tipis yang membentang ke Yamdrok, salah satu dari tiga danau suci di Tibet.

Wilayah itu terhubung ke tanah pesisir melalui jalan tunggal, simbol gaya hidup tunggal yang harus dipimpin oleh biksu penghuninya.

Mereka yang cukup beruntung untuk mengunjungi kuil, yang terletak di pantai utara di wilayah otonomi Tibet China barat daya, telah kembali dengan cerita tentang kedamaian dan ketenangan yang tak terlukiskan.

Tibet, wilayah yang sebagian besar penduduknya beragama Buddha, dikenal sebagai "atap dunia." Secara spiritual, wilayah ini dipimpin oleh Dalai Lama dan terkenal dengan tradisi religiusnya yang abadi.

Orang Tibet mengikuti gaya hidup religius yang ketat. Buddhisme Tibet sekarang menjadi kepercayaan yang paling menonjol di wilayah yang kaya sumber daya tersebut.

Kebiasaan hidup Ahwang yang tidak biasa bahkan dapat menghidupi "rumah paling sepi di dunia" tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/10/162247270/biksu-penyendiri-di-dunia-tinggal-di-kuil-tengah-danau-jauh-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke