Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PM Kanada Tak Sepakat jika Vladimir Putin Dicap sebagai Pembunuh

OTTAWA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memang bertanggung jawab atas hal-hal buruk.

Kendati demikian, Trudeau menuturkan bahwa kuranglah pantas jika menyebut Putin sebagai “pembunuh” sebagaimana yang diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara, Biden sepakat bila Presiden Rusia Vladimir Putin disebut sebagai "pembunuh".

Di sisi lain, Trudeau ditanyai selama wawancara di radio SiriusXM The Bridge dengan Peter Mansbridge tentang pernyataan Biden.

Melansir AFP, Kamis (24/3/2021), Trudeau merupakan pemimpin yang tidak terbiasa mengkritik pemimpin dunia lainnya di depan umum.

"Saya yakin (Putin) bertanggung jawab atas segala macam hal buruk karena perilakunya terus menunjukkan hal itu," kata Trudeau.

Sebagai contoh, dia mengutip tindakan-tindakan Rusia di bawah pemerintahan Putin seperti aneksasi Krimea dan serangan siber yang signifikan.

"Dia tidak terlalu tertarik dengan apa yang dunia Barat atau apa yang Kanada pikirkan tentang dia," tambah Trudeau.

Tetapi ketika ditanya apakah dia sependapat dengan Biden tentang Putin yang dianggap sebagai pembunuh, Trudeau menjawab bahwa dia tidak sepakat.

"Saya tidak memiliki informasi untuk membuat pernyataan itu,” jawab Trudeau.

"Dan kami harus sangat terbuka dan berpikiran jernih tentang bagaimana kami membuat pendekatan (hubungan dengan Rusia),” tambah Trudeau.

Beberapa jam sebelumnya, Ottawa mengumumkan sanksi terhadap sembilan pejabat Rusia sebagai bentuk protes karena tokoh oposisi Alexei Navalny yang dipenjara setelah diracun.

Navalny langsung ditahan sesampainya di Rusia pada Januari. Padahal dia baru kembali setelah dirawat di rumah sakit di Jerman karena diracun.

Penahanan Navalny menimbulkan kecaman luas dari Barat, dengan AS dan Uni Eropa menyerukan pembebasannya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/03/25/053837770/pm-kanada-tak-sepakat-jika-vladimir-putin-dicap-sebagai-pembunuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke