Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Patung Buddha Trump Laris Manis Dijual Online Bertajuk “Buat Perusahaan Anda Hebat Lagi”

Platform belanja online China, Taobao baru saja mencantumkan benda ini dalam daftar barang yang ditawarkan. Terlebih untuk mereka yang ingin mengabadikan figur Presiden ke-45 AS itu di properti mereka.

Barang tersebut diunggah dari pengusaha pembuat furnitur yang berbasis di Xiamen, Provinsi Fujian.

Pemasarannya komplet dengan keterangan penjualan selentingan slogan kampanye yang digunakan Sang Pengusaha Properti itu, saat maju berlaga memperebutkan pucuk kekuasaan di AS.

Slogan MAGA Trump dalam platform penjualan itu diubah menjadi "Buat Perusahaan Anda Hebat Lagi!"

Ukiran keramik tersebut menggambarkan Trump dengan ekspresi wajah khusyuk memejamkan mata. Kedua tangan bertumpu di pangkuannya, dalam pose yang memiliki banyak kemiripan dengan patung tradisional Buddha, yang sering ditemukan di kuil-kuil di China.

Deskripsi daftar penjualan tersebut selanjutnya menggambarkan patung itu sebagai gambaran dari "Trump, yang mengetahui agama Buddha lebih baik daripada siapa pun."

Patung ini ternyata hanya satu dari sederet barang dagangan terkait Trump yang “unik” dari platform belanja online China Taobao.

Penjual teratas platform lainnya adalah sikat toilet Trump, yang dapat dibeli dalam bundel satu paket isi tiga sekaligus. Benda ini dijual seharga 2 dollar AS (Rp 28.790).

Menurut penjualnya, gagasan membuat patung Trump Buddha muncul ketika dia memikirkan slogan mantan Presiden AS "Make America Great Again." Dia juga tergelitik dengan klaim Trump bahwa dia tahu segalanya dengan lebih baik dari siapa pun.

"Kebanyakan orang hanya membelinya untuk bersenang-senang," kata penjual itu, seraya menambahkan bahwa dia hanya membuat 100 patung. Tetapi dia telah menerima "lusinan" pesanan.

Patung itu hadir dalam dua ukuran: versi setinggi 5 kaki dengan harga 153 dollar AS (2,2 juta), dan patung setinggi 14 kaki yang akan dikenakan biaya pembeli 613 dollar AS (Rp 8,8 juta).

Li Guoqiang, seorang pria Beijing berusia akhir 30-an, memiliki sebuah perusahaan konstruksi kecil di pinggiran kota Beijing. Dia sedang menunggu patung berukuran lebih kecil untuk dikirimkan kepadanya dari Xiamen.

"Saya pikir itu hal yang sangat lucu untuk dimiliki di kantor. Saya tidak bisa mengatakan saya penggemar Trump tapi dia terlihat cukup “damai” di sana, bukan?" guyon Li kepada Business Insider seperti dilansir Rabu (10/3/2021).

Ketika ditanya di mana dia akan menempatkan patung Trump Buddha, Li mengatakan bahwa dia telah menyediakan ruangan untuk itu di sepanjang koridor kamar mandi lantai dua kantornya.

"Siapa tahu, mungkin dia benar-benar akan membuat perusahaan saya hebat lagi," tambahnya.

Global Times juga berbicara dengan seorang pembeli di Shanghai yang tidak ingin disebutkan namanya.

Konsumen itu mengatakan bahwa dia telah membeli salah satu patung setelah melihatnya di WeChat, Instagram Stories versi negara itu.

“Trump juga bisa dianggap sebagai representasi dari sebuah era, dan egoisme yang ekstrem. Sekarang era-nya telah berlalu, tapi saya ingin patung itu mengingatkan saya: Jangan terlalu seperti Trump,” ujarnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/03/10/170028670/patung-buddha-trump-laris-manis-dijual-online-bertajuk-buat-perusahaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke