Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dituduh Korupsi, PM Israel Mengaku Tidak Bersalah di Persidangan

Sidang tersebut dilakukan hanya beberapa minggu sebelum pemilihan nasional di mana Netanyahu berharap dapat memperpanjang masa jabatannya selama 12 tahun.

Melansir Associated Press (AP), Netanyahu didakwa tahun lalu atas korupsi, pelanggaran kepercayaan dan menerima suap dalam 3 kasus terpisah.

Dalam beberapa bulan terakhir, warga Israel telah melakukan protes mingguan yang menuntut pengunduran diri PM Israel tersebut sekaligus mengkritik respons pemerintahannya terhadap krisis wabah Covid-19.

Suara dari para demonstran yang berkumpul di luar gedung pengadilan terdengar dari dalam ruangan tempat sidang berlangsung.

PM Netanyahu dituduh menerima hadiah mewah dari teman-temannya yang kaya dan menawarkan bantuan kepada taipan media yang kuat dengan imbalan liputan yang menguntungkan citra Netanyahu beserta keluarganya.

Sidang terakhir ditunda bulan lalu karena pembatasan penguncian pertemuan publik selama wabah.

"Semua orang tahu kasus terhadap saya dicurangi," kata Netanyahu, menambahkan bahwa jaksa penuntut tidak melakukan pekerjaannya dengan baik.

Menurutnya, dengan pengadilan mempresentasikan kasusnya di tengah kampanye akan berpotensi merusak pemilihan terhadapnya.

Netanyahu merupakan PM Israel pertama yang diadili karena dugaan korupsi. Undang-undang Israel sebenarnya mewajibkan menteri kabinet untuk mengundurkan diri ketika dituduh melakukan tindak pidana. Namun tidak pada PM.

PM Israel terlama itu membantah melakukan kesalahan dan menganggap tuduhan terhadapnya sebagai sesuatu yang dibuat-buat yang diatur oleh penegakan hukum dan media yang bias.

Dia menolak mundur dan menggunakan kantornya sebagai tempat berdiri untuk melawan kritik dan sistem peradilan pidana.

Pada sidang hari Senin, pengacara Netanyahu mengajukan tanggapan tertulis Netanyahu yang mengaku tidak bersalah.

Mereka kemudian membantah kasus tersebut dengan alasan prosedural, mengatakan bahwa Jaksa Agung tidak menyetujui penyelidikan secara tertulis.

Setelah sekitar 20 menit, Netanyahu meninggalkan ruang sidang tanpa penjelasan dan iring-iringan mobilnya pergi.

Satu-satunya pernyataannya ke pengadilan adalah bahwa dia tidak memiliki apa pun untuk ditambahkan pada tanggapan pengacaranya atas tuduhan tersebut.

Sidang berlanjut tanpa kehadiran sang PM, dengan para pengacaranya berdebat selama lebih dari satu jam bahwa prosedur konstitusional tidak diikuti.

Pengacara perdana menteri meminta pengadilan untuk menunda pemeriksaan bukti selama beberapa bulan lagi, mengeklaim bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkannya. Jika dikabulkan, persidangan akan dilakukan setelah pemilu mendatang.

Di luar gedung pengadilan, sekitar 150 pedemo meneriaki Netanyahu. Banyak yang membawa spanduk bertuliskan "Menteri Kriminal".

“Kami menginginkan pemerintahan baru, pemerintahan yang bersih, tidak ada korupsi,” kata Sharon Sagy, seorang pedemo.

“Kami tidak ingin Bibi Netanyahu, kami ingin dia pergi, dia harus pergi,” katanya, menggunakan nama panggilan Perdana Menteri itu.

Pada awal persidangannya Mei lalu, Netanyahu diapit oleh sekutu partai Likud saat dia mencerca media, polisi, hakim dan jaksa.

Dia mengatakan pengadilan ingin "menggulingkan perdana menteri sayap kanan yang kuat, dan dengan demikian menyingkirkan kubu nasionalis dari kepemimpinan negara selama bertahun-tahun."

Sidang pada Senin jauh lebih tenang. Netanyahu tiba di gedung pengadilan tanpa ditemani oleh para pendukung dan masuk melalui pintu belakang.

Netanyahu telah menjabat sebagai perdana menteri Israel sejak 2009, dan dalam dua tahun terakhir telah berhasil mempertahankan kekuasaan melalui tiga pemilu yang penuh gejolak dan menemui jalan buntu.

Koalisinya yang lemah runtuh pada Desember dan dia sekarang menghadapi pertempuran besar untuk pemilihan kembali dalam pemilihan parlemen 23 Maret mendatang.

Netanyahu berharap dapat berkampanye untuk menarik negara itu keluar dari pandemi melalui salah satu kampanye vaksinasi paling sukses di dunia.

Secara pribadi, dia membanggakan diri telah mendapatkan jutaan dosis dari pembuat obat utama, memungkinkan Israel untuk memvaksinasi lebih dari sepertiga dari populasi 9,3 juta.

Dia berharap dapat memvaksinasi seluruh populasi orang dewasa pada akhir Maret.

https://www.kompas.com/global/read/2021/02/09/104959270/dituduh-korupsi-pm-israel-mengaku-tidak-bersalah-di-persidangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke