Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

99 Jejak Kaki Dinosaurus Sauropoda Ditemukan di Batu Pasir Tibet

LHASA, KOMPAS.com - Sebuah tim ilmuwan internasional asal China, Amerika Serikat, dan Jerman mengumumkan telah menemukan 99 jejak kaki dinosaurus di batu pasir yang ada di Kota Qamdo, Daerah Otonom Tibet.

Berdasarkan temuan mereka yang dipublikasikan dalam jurnal akademik Historical Biology pada bulan ini, jejak-jejak kaki itu memiliki panjang yang bervariasi antara 22-99,3 sentimeter.

Melansir Xinhua News pada Senin (14/12/2020), diyakini jejak-jejak itu ditinggalkan oleh dinosaurus sauropoda berukuran sedang dan kecil.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa dinosaurus-dinosaurus ini memiliki panjang tubuh bervariasi antara 22 meter, 10 meter, dan 5 meter.

Sauropoda hidup pada periode Jurasik Pertengahan, sekitar 176 sampai 161 juta tahun yang lalu.

Jejak-jejak kaki ini akan memperkaya catatan terkait dinosaurus di Qamdo, kata Xing Lida, kepala tim penelitian tersebut sekaligus lektor kepala di Universitas Geosains China, kepada Xinhua pada Senin (14/12/2020).

Xing menyebutkan bahwa lokasi dari jejak-jejak kaki berukuran besar itu merupakan objek wisata terkenal dan sudah menjadi bagian dari legenda cerita rakyat.

Warga setempat meyakini bahwa jejak kaki sauropoda itu ditinggalkan oleh tokoh pejuang dalam mitologi, Raja Gesar.

"Keyakinan ini juga membantu menjaga jejak-jejak kaki itu tetap utuh," ujar Xing, seraya menambahkan bahwa lokasi penemuan jejak kaki itu memiliki sebuah patung sauropoda besar di dekatnya untuk menarik minat para penggemar dinosaurus.

Mulai 2017 hingga 2019, tim peneliti dari Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Universitas Geosains China melakukan eksplorasi di area tersebut.

Mereka menemukan sejumlah rangkaian jejak kaki dan mengumpulkan data terperinci, menurut Xing.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/15/163407770/99-jejak-kaki-dinosaurus-sauropoda-ditemukan-di-batu-pasir-tibet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke