Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Petisi Netizen Jepang Minta Kartun Doraemon Hapus Adegan Nobita Intip Shizuka Mandi

BEIJING, KOMPAS.com - Viral netizen Jepang mengajukan petisi untuk menghapus adegan Nobita masuk kamar mandi Shizuka di serial manga Jepang, Doraemon.

Petisi tersebut menyatakan bahwa adegan Nobita itu tidak pantas dimunculkan dalam tontonan yang banyak dikonsumsi anak-anak, karena bisa menyesatkan.

Melansir Global Times pada Jumat (11/12/2020), petisi tersebut memicu diskusi panas di kalangan netizen lainnya di China tentang bagaimana memperlakukan plot yang tidak sesuai dalam kartun, pada Kamis (10/12/2020).

Netizen di Jepang mengajukan petisi kepada media TV Asahi dan perusahaan produksi Doraemon untuk menghapus segmen tersebut di mana Nobita masuk dalam kamar mandi Shizuka selama dia mandi.

Adegan seperti itu dikhawatirkan dapat mendorong perilaku dan memberikan bimbingan yang salah terhadap anak-anak, menurut Entertainment Sina Weibo.

Topik tersebut telah dilihat lebih dari 620 juta kali di Sina Weibo dan menghasilkan sekitar 30.000 komentar.

Sebagian besar pengguna Weibo itu menyatakan dukungannya untuk petisi ini.

“Sulit untuk tidak setuju,” kata seorang pengguna Weibo bernama @Zhanghairou, yang mendapatkan lebih dari 145.000 likes untuk komentar tersebut.

"Dukung! Produk budaya harus mengikuti perkembangan zaman,” kata yang lain.

"Sebagai orang tua, saya khawatir bahwa beberapa segmen kartun dapat berdampak buruk pada anak saya," kata Qi Xiuli, orang tua di Weihai, sebuah kota di Provinsi Shandong, China Timur.

"Misalnya, dia suka melihat kartun tentang mobil dan dia senang saat melihat mobil besar menabrak mobil kecil,” katanya kepada Global Times.

Beberapa netizen memberikan pendapat berbeda tentang bagaimana memperlakukan segmen kartun yang dianggap orang dewasa tidak sesuai untuk anak-anak.

“Kita tidak bisa terlalu mengandalkan kartun untuk mendidik anak-anak. Orang tua perlu menjelaskan perilaku dalam kartun kepada anak-anaknya agar mereka mengerti benar dan salah,” kata pengguna Weibo @Bai_RuinuiR.

“Kartun tidak boleh mendorong praktik yang salah,” kata Liu Yang, seorang guru sekolah menengah di Beijing.

“Akan lebih baik, jika kartun dapat digunakan untuk pendidikan seks yang tepat untuk anak-anak, seperti mengajar anak-anak untuk tidak membiarkan orang lain menyentuh bagian dari tubuh mereka," tambah Liu Yang.

Pada 6 April 2013, seorang anak laki-laki berusia 9 tahun di Provinsi Jiangsu, China Timur, membuat api untuk meniru alur cerita tentang memanggang kambing dari kartun China, "Pleasant Goat and Big Big Wolf", yang mengakibatkan luka bakar yang parah bagi kedua temannya.

“Adegan kekerasan harus dihindari karena anak-anak tidak memahami penderitaan korban, dan mereka hanya akan berpikir bahwa memukuli orang lain itu keren,” kata Liu.

Banyak juga netizen yang angkat bicara untuk wanita.

Seorang pengguna Weibo bernama @YourFashionGirlFriend berkomentar, “Apakah sebagian orang benar-benar berpikir bahwa tidak apa-apa bagi perempuan jika roknya terangkat dan diintip saat mandi?”

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/12/112420870/viral-petisi-netizen-jepang-minta-kartun-doraemon-hapus-adegan-nobita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke