Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengemudi Mobil Mengamuk dan Tabrak Pejalan Kaki di Jerman, 5 Tewas Termasuk Bayi Usia 9 Pekan

TRIER, KOMPAS.com – Seorang bayi perempuan berusia sembilan pekan dan ayahnya tewas setelah ditabrak sebuah mobil SUV Land Rover berwarna silver yang melaju kencang di trotoar di kota Trier, Jerman.

Kedua korban tersebut merupakan salah dua dari lima korban tewas kibat insiden itu sebagaimana dilansir dari Sky News, Selasa (1/12/2020).

Sementara itu, ketiga korban lain yang tewas semuanya adalah wanita dan masing-masing korban berusia 25 tahun, 52 tahun, dan 73 tahun.

Kejadian nahas tersebut terjadi sekitar pukul 13.45 waktu setempat pada Selasa di zona yang khusus diperuntukkan untuk pejalan kaki di Trier, sekitar 193 kilometer dari Frankfurt.

Polisi mengatakan, sebanyak 15 orang juga mengalami luka-luka dengan beberapa korban luka tersebut dilaporkan mengalami luka parah.

Otoritas Trier mengatakan, pengemudi tersebut tampaknya sengaja menabraki para pejalan kaki di trotoar dengan melaju secara zig-zag 900 meter.

Pengemudi Land Rover tersebut, yang berusia 51 tahun dan lahir di Trier, ditangkap dan mobilnya disita polisi.

Polisi mengatakan, hingga saat ini belum menemukan motif tersangka hingga sampai hati melakukan perbuatan kejinya.

Sementara itu, jaksa penuntut mengatakan bahwa tersangka mabuk dan mungkin menderita penyakit mental.

Di antara korban luka, empat orang di antaranya dinyatakan dalam kondisi yang mengancam jiwa. Sementara lima orang lainnya terluka parah dan enam orang menderita luka yang tidak terlalu parah.

Wali Kota Trier Wolfram Leibe mengatakan kepada SWR, tak lama setelah serangan itu, bahwa seorang pengemudi mobil mengamuk di kota.

"Saya baru saja berjalan melewati pusat kota dan itu sangat mengerikan. Ada seorang pelatih tergeletak di tanah dan putrinya sudah meninggal," kata Liebe.

Liebe tampak menitikkan air matanya saat berbicara mengenai insiden nahas tersebut.

"Saya tidak dapat memahami bagaimana seseorang mendapatkan ide untuk berkendara melalui pusat kota dengan SUV untuk membunuh orang,” imbuhnya.

“Membunuh seorang bayi sembilan bulan, kepada seorang wanita berusia 72 tahun. Apa salah para korban? Mereka hanya ingin pergi ke kota, berbelanja, dan sekarang mereka tewas," tambah Liebe.

Seorang saksi mata memberi tahu Trierischer Volksfreund bahwa mobil itu telah melaju dari gerbang Porta Nigra kemudian menuju Fleischstrasse, di mana mobil itu menabrak beberapa pejalan kaki.

Beberapa saksi lain mengatakan kepada Trierischer Volksfreund bahwa mereka melihat kereta dorong bayi sempat terlempar ke udara akibat ditabrak mobil tersebut.

Polisi berhasil menghentikan mobil tersebut di dekat Christophstrasse, kata saksi itu.

Sebuah video di media sosial menunjukkan polisi menangkap seorang pria dan menjatuhkannya ke tanah di samping mobilnya yang telah rusak.

Jaksa Peter Fritzen mengatakan tersangka tidak memiliki alamat tetap dan baru-baru ini tinggal di Land Rover yang rupanya dipinjam dari seorang teman.

Dia mengatakan seorang dokter membuat kesimpulan awal bahwa tersangka mungkin menderita penyakit mental.

Insiden itu terjadi pada hari yang sama ketika Jerman menerapkan lockdown kedua. Trier berada di perbatasan dengan Luksemburg dan memiliki populasi sekitar 110.000 jiwa.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/02/110424870/pengemudi-mobil-mengamuk-dan-tabrak-pejalan-kaki-di-jerman-5-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke