Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang "Lebaran Amerika", Jutaan Warga Mudik Abaikan Larangan Virus Corona

Sejauh ini total kasus Covid-19 di AS mencapai lebih dari 12 juta, dan jutaan orang diperkirakan akan bepergian untuk merayakan Thanksgiving.

Virus corona di AS juga telah merenggut lebih dari 255.000 nyawa, tertinggi dibandingkan negara lain, dan terus melonjaknya angka kematian membuat lebih dari 20 negara bagian melakukan pembatasan baru.

Lebih dari 1 juta orang terbang dari bandara-bandara AS pada Jumat (20/11/2020), menurut data dari Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) yang dikutip Reuters.

Itu adalah angka lalu lintas udara domestik tertinggi kedua sejak dimulainya pandemi virus corona di Amerika, meski ada imbauan dari otoritas kesehatan agar warga tetap di rumah.

"Ini adalah kedua kalinya sejak pandemi, penumpang melampaui 1 juta," tulis juru bicara TSA Lisa Farbstein di Twitter pada Sabtu (21/11/2020).

Otoritas kesehatan setempat sudah berulang kali memperingatkan bahwa laju cepat penambahan kasus virus corona di Amerika Serikat dapat membuat sistem perawatan kesehatan kewalahan.

Mereka pun mengimbau para penduduk untuk tidak bepergian dan berkumpul dengan orang-orang saat merayakan Thanksgiving pada Kamis (26/11/2020).

Namun rekaman video di Twitter memperlihatkan ratusan orang mengenakan masker memadati gerbang keberangkatan di bandara Sky Harbor di Phoenix, Arizona, Jumat pekan lalu.

Antrean panjang juga terpantau di pos pemeriksaan dan kios TSA di bandara Chicago O'Hare hari itu. Stasiun TV lokal WGN menyebut kepadatan penumpang sama seperti masa sebelum pandemi.

Jumlah penumpang pesawat jelang Thanksgiving diperkirakan turun 47,5 persen dari 2019, tetapi 2,4 juta orang diprediksi akan terbang, menurut laporan dari American Automobile Association awal bulan ini.

Sementara itu dikatakan bahwa jumlah perjalanan dengan mobil hanya turun 4 persen.

"Bagi mereka yang hendak bepergian, mayoritas akan mengendarai mobil, yang leluasa mengubah rencana perjalanan liburan sampai hari keberangkatan," kata Wakil Presiden Senior AAA Paula Twidale.

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) mengeluarkan imbauan keras ke orang-orang Amerika untuk menahan diri dari semua jenis perjalanan selama Thanksgiving.

"Kami mengkhawatirkan peningkatan eksponensial dalam kasus rawat inap dan kematian," ujar petugas CDC Henry Walke kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Kemudian tujuh gubernur negara bagian Midwestern yaitu Wisconsin, Minnesota, Illinois, Ohio, Kentucky, Indiana, dan Michigan mendesak warga mereka untuk mematuhi imbauan medis selama liburan, dan tidak merayakan Thanksgiving dengan orang-orang di luar rumah.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/23/084408570/jelang-lebaran-amerika-jutaan-warga-mudik-abaikan-larangan-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke