Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Enggan Ucapkan Selamat ke Joe Biden, Presiden Bolsonaro: Apakah Pemilu AS sudah Selesai?

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil, Jair Bolsonaro yang dekat dengan presiden Donald Trump dan salah satu pemimpin dunia yang enggan memberikan selamat kepada Joe Biden setelah pilpres AS berlangsung.

Ketika ditanya alasannya, Bolsonaro justru balik bertanya tentang apakah pemungutan suara di AS sudah selesai.

Berbicara dengan pendukung di luar kediaman resminya, Bolsonaro ditanyai pendapatnya tentang hasil pemilu Amerika.

“Tapi, apakah sudah selesai, apakah pemilu sudah selesai?” tanyanya kepada para pendukungnya sambil tersenyum sebelum berfoto selfie seperti yang dilansir dari Reuters pada Jumat (13/11/2020).

Pemimpin Brasil, yang telah bersumpah untuk menjadi orang pertama yang memberi selamat kepada Trump atas terpilihnya kembali.

Hampir sepekan hasil pemilihan memberikan ucapan selamat kepada Biden, yang telah diproyeksikan untuk memenangkan mayoritas suara rakyat dan pemilihan.

Sikap pemimpin Brasil ini dapat menandai awal yang sulit dalam hubungannya dengan Biden, yang agendanya dengan Brasil kemungkinan besar mencakup menangani deforestasi Amazon dan hak asasi manusia.

Pada Selasa, ia juga mengecam Biden yang menyebutnya sebagai "kandidat" dan mempermasalahkan komentar yang Biden katakan selama debat presiden AS, yaitu bahwa Brasil harus memerangi deforestasi dengan bantuan asing atau menghadapi "konsekuensi ekonomi" yang tidak diprediksi.

"Kami baru-baru ini melihat ada calon kepala negara besar (Biden) yang mengatakan bahwa, jika saya tidak memadamkan api di Amazon, dia akan memasang penghalang komersial terhadap Brasil," kata Bolsonaro.

“Dan bagaimana kita bisa mengatasi semua itu? Hanya diplomasi tidak cukup...Ketika air liur habis, seseorang harus memiliki bubuk mesiu, jika tidak maka tidak akan berhasil," pungkasnya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/13/120104270/enggan-ucapkan-selamat-ke-joe-biden-presiden-bolsonaro-apakah-pemilu-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke