Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kartun Ini Mengandung Konten Rasis, Disney Keluarkan Pesan Peringatan dalam Film

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Layanan film streaming Disney+, seperti The Aristocats dan Jungle Book sekarang memunculkan pesan tentang stereotip negatif yang mengerikan yang digambarkan di dalamnya.

Melansir Mirror pada Jumat (16/10/2020), Disney telah merilis pesan peringatan tentang rasisme kepada pemirsa yang menonton kartun klasik, seperti Dumbo dan Peter Pan.

Pesan peringatan tersebut berbunyi, “Program ini mencakup penggambaran negatif dan/atau penganiayaan terhadap orang atau budaya. Stereotip ini dulu salah dan sekarang salah."

Pihak Disney mengatakan bahwa daripada menghapus kontennya, Disney ingin "mengakui dampak bahayanya, belajar darinya dan memicu percakapan untuk menciptakan masa depan yang lebih inklusif bersama".

Dumbo, dirilis pada 1941, menampilkan gagak bernyanyi yang membantu Dumbo belajar cara terbang.

Para gagak melebih-lebihkan suara untuk memberikan stereotip orang kulit hitam.

Peran utama burung gagak disebut Jim Crow, mengacu pada hukum segregasi rasis di AS bagian selatan, dan dia disuarakan oleh aktor kulit putih Cliff Edwards.

Film Aristocats adalah komedi musikal animasi yang menampilkan kucing dari berbagai kebangsaan yang hidup bersama dan berurusan dengan pandangan budaya mereka.

Kucing Asia Shun Gon memiliki mata sipit dan gigi melengkung. Dia juga memainkan piano dengan sumpit.

Kemudian pada 1953, Peter Pan rilis, yang menggambarkan penduduk asli Amerika saat itu disebut sebagai "kulit merah".

Selain film Aristocats dan Peter Pan, peringatan konten yang diperbarui untuk judul film Disney klasik lainnya, seperti Swiss Family Robinson.

Film itu diberi pesan peringatan setelah studio produksi berkonsultasi dengan dewan penasihat pihak ketiga, yang mencakup grup seperti Asosiasi Kritikus Film Afrika-Amerika dan Koalisi Asia Pasifik dalam Hiburan.

Perusahaan itu pertama kali menambahkan peringatan rasisme pada November 2019, namun durasinya lebih pendek.

Kemudian, disclaimer berbunyi, “Program ini ditampilkan seperti aslinya. Ini mungkin berisi penggambaran budaya yang sudah ketinggalan zaman."

Warner Bros, demikian pula, telah lama mendapatkan peringatan tentang “prasangka etnis dan ras” yang terkandung di beberapa kartunnya.

Perusahaan itu menyatakan, "Meskipun kartun ini tidak mewakili masyarakat saat ini, mereka disajikan seperti aslinya dibuat. Melakukan sebaliknya (menghapus konten) akan sama dengan mengklaim prasangka ini tidak pernah ada."

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/17/152524970/kartun-ini-mengandung-konten-rasis-disney-keluarkan-pesan-peringatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke