Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Positif Covid-19, Begini Biografi Presiden AS Donald Trump

KOMPAS.com - Donald Trump, seorang Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS), sering kali menimbulkan kontroversi dalam hampir setiap pernyataannya, seperti tentang pandemi virus corona yang tengah terjadi saat ini.

Sebenarnya siapa Donald Trump? Sosok yang diketahui berperan membuat AS menjadi negara terbesar memiliki jumlah kasus Covid-19, serta memantik ketegangan lebih tinggi dengan China sejak Covid-19 muncul pertama di Wuhan.

Trump memiliki nama lengkap Donald John, dikenal sebagai miliarder real estat mogul sejak sebelum menjabat sebagai presiden. Seperti yang dilansir dari Biography pada 30 September 2020, ia juga mantan tokoh reality show televisi.

Pada 1980, dia membuka Grand Hyatt New York, yang menjadikannya sebagai pengembang kota paling terkenal.

Pada 2004, Trump mulai membintangi serial realitas NBC "The Apprentice".

Pada 2015, Trump mengalihkan perhatiannya ke politik, dan dia mengumumkan pencalonannya sebagai presiden Amerika Serikat dengan tiket Partai Republik.

Setelah memenangi mayoritas suara di partai, Trump menjadi kandidat resmi dari Partai Republik pada 19 Juli 2016.

Pada November 2016, Trump terpilih sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat setelah mengalahkan kandidat Demokrat Hillary Clinton.

Kehidupan dan pendidikan awal

Donald John Trump lahir pada 14 Juni 1946, di Queens, New York. Dia dikenal sebagai anak yang energik dan tegas.

Pada 1950-an, kekayaan Trump meningkat dengan ledakan real estat pascaperang. Trump dibesarkan dalam lingkungan Presbiterian oleh ibunya, dan dia diidentifikasi sebagai Protestan.

Pada usia 13 tahun, orangtua Trump mengirimnya ke Akademi Militer New York, berharap disiplin sekolah akan menyalurkan energinya dengan cara yang positif.

Dia melakukannya dengan sukses di akademi, baik secara sosial maupun akademis. Dia pun menjadi bintang atlet dan pemimpin siswa pada saat dia lulus pada 1964.

Trump masuk Fordham University pada 1964. Dia dipindahkan ke Wharton School of Finance di University of Pennsylvania dua tahun kemudian dan lulus pada 1968 dengan gelar di bidang ekonomi.

Selama tahun-tahun kuliahnya, Trump bekerja di bisnis real estat ayahnya selama musim panas. Dia juga mendapatkan penangguhan pendidikan untuk wajib militer dalam Perang Vietnam.

Orangtua dan saudara kandung

Ayah Trump, bernama Frederick Trump, adalah seorang pembangun dan pengembang real estat yang berspesialisasi dalam membangun dan mengoperasikan apartemen berpenghasilan menengah di Queens, Staten Island, dan Brooklyn.

Sedangkan ibu Trump bernama Mary MacLeod, berimigrasi dari Tong, Skotlandia, pada 1929 pada usia 17 tahun.

Dia dan Fred Trump menikah pada 1936. Pasangan itu menetap di Jamaika, Queens, lingkungan yang, pada saat itu, dipenuhi oleh imigran Eropa Barat. Ketika kekayaan keluarga meningkat, Mary menjadi sosialita dan filantropis New York.

Trump adalah anak keempat dari lima bersaudara.

Maryanne Trump Barry adalah hakim senior Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit Ketiga, tetapi berstatus tidak aktif segera setelah saudara laki-lakinya menjadi presiden.

Fred Trump Jr bekerja sebentar dengan ayahnya dan kemudian menjadi pilot. Dia memiliki ketergantungan dengan alkohol dan meninggal pada 1981 pada usia 43 tahun.

Meninggalnya Fred mendorong Donald untuk mengumumkan bahwa dia tidak pernah minum alkohol atau menggunakan narkoba.

"Dia memiliki pengaruh besar dalam hidup saya karena Anda tidak pernah tahu di mana Anda akan berakhir," kata Trump.

Elizabeth Trump Grau adalah pensiunan bankir yang menikah dengan produser film James Grau.

Robert Trump adalah adik Donald yang menghabiskan sebagian besar kariernya bekerja untuk perusahaan keluarga.

Untuk riwayat pernikahan, Trump memiliki pengalaman menikah tiga kali. Istri ketiganya adalah Melania Trump.

Melania, istrinya saat ini, adalah mantan model Slovenia, yang lebih dari 23 tahun lebih muda darinya.

Pada Januari 2005, pasangan itu menikah dalam sebuah pernikahan yang banyak dipublikasikan dan mewah. Di antara banyak tamu selebritas dalam pesta pernikahan tersebut, ada Hillary Clinton dan mantan Presiden Bill Clinton .

Sebelum menikahi Melania, pria ini menikahi Marla Maples pada 1993. Maples adalah seorang aktris yang telah lama terlibat dengannya dan telah memiliki seorang putri bernama Tiffany.

Trump kemudian mengajukan perceraian dengan Maples yang dipublikasikan besar-besaran pada 1997, yang menjadi final pada Juni 1999. Sebuah perjanjian pranikah mengalokasikan 2 juta dollar AS (Rp 29,8 miliar) kepada Maples.

Sementara itu, istri pertamanya adalah Ivana Trump yang dinikahinya pada 1977.

Ivana Trump adalah seorang model fesyen New York yang pernah menjadi pengganti di Tim Ski Olimpiade Ceko 1972.

Dia diangkat sebagai wakil presiden yang bertanggung jawab atas desain di Trump Organization dan memainkan peran utama dalam mengawasi renovasi Commodore dan Plaza Hotel.

Pasangan ini memiliki tiga anak, yaitu Donald Trump Jr, Ivanka, dan Eric. Mereka mengalami perceraian yang dipublikasikan dan diselesaikan pada 1992.

Total, Trump memiliki lima anak dari tiga istrinya. Dia dan istri pertamanya, Ivana Trump, memiliki tiga anak bernama Donald Trump Jr yang lahir pada 1977, Ivanka Trump lahir pada 1981, dan Eric Trump lahir pada 1984.

Trump dan istri keduanya, Marla Maples, memiliki putri bernama Tiffany Trump pada 1993. Kemudian, dengan Melania memiliki anak bernama Barron William Trump pada Maret 2006.

Putra Trump, Donald Jr dan Eric, bekerja sebagai wakil presiden eksekutif untuk The Trump Organization. Mereka mengambil alih bisnis keluarga sementara ayah mereka menjabat sebagai presiden.

Putri Trump, Ivanka, juga merupakan wakil presiden eksekutif Trump Organization.

Namun, dia meninggalkan bisnis dan label fesyennya sendiri untuk bergabung dengan pemerintahan ayahnya dan menjadi asisten presiden yang tidak dibayar. Suaminya, Jared Kushner, juga merupakan penasihat senior Presiden Trump.

Real estate dan bisnis Trump

Trump mengikuti ayahnya berkarier di bidang pengembangan real estat, membawa ambisinya yang besar ke bisnis keluarga.

Usaha bisnis Trump termasuk The Trump Organization, Trump Tower, kasino di Atlantic City, serta waralaba televisi seperti The Apprentice dan Miss Universe.

Trump memiliki kesepakatan bisnis dengan Javits Center dan Grand Hyatt New York, serta usaha real estat lainnya di New York City, Florida, dan Los Angeles.

Di dalam formulir pengungkapan pendapatan federal yang diajukan Trump pada 2017, disebutkan Trum memiliki pendapatan juga dari lapangan golf Trump, termasuk Trump National Doral dan Mar-a-Lago di Florida.

Usaha keuangan lainnya termasuk pesawat, barang dagangan, dan royalti dari dua bukunya, The Art of the Deal dan Crippled America: How to Make America Great Again.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/02/135650170/positif-covid-19-begini-biografi-presiden-as-donald-trump

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke