Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Rumor Jet Tempur Su-35 Milik China Jatuh, Taiwan Bantah Menembak

Dikatakan bahwa pesawat tempur itu jatuh dan meledak dekat Guilin, kota yang berlokasi di Provinsi Guangxi, kawasan barat "Negeri Panda".

Gambar maupun video yang menyebar di media sosial memperlihatkan kepulan asap terlihat di lokasi diduga jatuhnya jet tempur Su-35.

Di tengah tidak adanya laporan dari Beijing, terdapat rumor bahwa pesawat itu ditembak ketika melewati Sela Taiwan, yang jaraknya 901 km dari lokasi jatuh.

Rumor yang menyebar di Twitter itu menyatakan bahwa pilot mengalami luka dibantu warga sekitar, di mana terdapat gambar dia ditandu.

Taiwan melalui kementerian pertahanan pun langsung merespons dengan menyebut rumor itu bohong, karena tidak didaarkan pada fakta.

"Sebagai respons rumor yang berkembang bahwa jet tempur Su-35 China ditembak sistem pertahanan Taiwan, kami ingin menyebut berita itu ngawur," jelas Taipei.

"Kami mengimbau kepada netizen agar tidak menyebarkan ini dan segera mengecam perilaku yang tak bertanggung jawab," jelas kementerian.

Sementara komando angkatan udara dalam situsnya menegaskan bahwa informasi tersebut palsu dan sama sekali tidak benar, dikutip Daily Mirror Jumat (4/9/2020).

Angkatan udara menekankan mereka mempertahankan wilayah udara mereka, sembari memantau kondisi di sekitar kawasan Selat Taiwan.

"Kami menyediakan informasi akurat secara berkala untuk mencegah informasi palsu, dan meminta warganet untuk tidak khawatir," jelas mereka.

Banyak akun Twitter dan situs berita di India, salah satu rival China, mengunggah informasi yang sama sekali tidak disikapi oleh Beijing tersebut.

Selain klaim ditembak jatuh oleh Taiwan, terdapat juga laporan bahwa jet tempur buatan Rusia itu jatuh karena kesalahan teknis.

https://www.kompas.com/global/read/2020/09/05/100115070/ada-rumor-jet-tempur-su-35-milik-china-jatuh-taiwan-bantah-menembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke