Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

John Bolton: Sambil Makan Steak Salmon, Xi Jinping Puji Donald Trump

KOMPAS.com - Sambil makan steak salmon di Buenos Aires, Presiden China Xi Jinping memuji Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sebagaimana dilansir SCMP.

Itu adalah adegan akrab di meja perjamuan saat para pemimpin dari dua negara adidaya duduk dan bernegosiasi soal perdagangan di sela-sela KTT G20 di Argentina, Desember 2018.

Semua itu tertulis dalam buku The Room Where it Happened, a White House Memoir yang ditulis mantan penasihat keamanan nasional AS, John Bolton yang digulingkan pemerintahan Trump akhir tahun lalu.

Bolton menulis, "Saat makan, Xi mulai memberitahu Trump betapa menyenangkannya dia, memujinya dengan berlebihan."

Xi pada suatu kesempatan mengatakan pada Trump bahwa dia ingin bekerja sama dengan Trump enam tahun lagi. Dia berharap agar Trump dapat terpilih kembali pada 2020.

Ketika Trump mengatakan bahwa anak menantunya, Jared Kushner yang sebelumnya bekerja dengan investor China dan mendirikan jalan terselubung dengan China dalam perdagangan, akan terlibat dalam diskusi perdagangan lanjutan, "Semua orang China bersemangat dan tersenyum."

Apa yang diungkapkan Bolton dari bukunya itu muncul pada hari yang sama saat Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Anggota Dewan China Yang Jiechi di Hawaii. 

Di mana, kedua belah pihak saling mengungkapkan dalam pernyataan terpisah bahwa pembicaraan mereka mencakup berbagai masalah termasuk Hong Kong, Taiwan, Xinjiang dan transparansi terkait wabah virus corona.

Beijing dan Washington telah melihat persaingan intensif mereka dalam beberapa bulan dengan pemerintahan Trump merangkul sikap yang lebih konfrontatif terhadap China dan Xi jelang pemilu presiden AS November mendatang.

Sementara itu sebelumnya Gedung Putih secara khusus berdiskusi dengan Beijing mengenai perdagangan, teknologi dan ideologi selama jabatan Trump pertama, Trump pernah dikritik pada Januari bahwa dia dan Xi 'saling menyayangi satu sama lain'.

Trump pada awalnya juga memuji respons Xi terhadap wabah virus corona. Pada Februari lalu, Trump pernah mengatakan bahwa Beijing telah 'melakukan pekerjaan yang sangat profesional'.

Namun akhirnya Trump menyalahkan China karena telah 'membiarkan' virus corona menyebar ke seluruh dunia dan mengatakan bahwa China telah 'melakukan pembunuhan massal di seluruh dunia'.

Sementara itu, Trump melalui kicauannya di Twitter pada Kamis (18/6/2020) mengatakan bahwa buku karya John Bolton berisi 'kebohongan dan cerita palsu'.

Trump juga mengatakan bahwa dia telah memecat Bolton yang disebutnya sebagai pria yang dikenal karena pendekatan kebijakan luar negeri yang pro perang pada akhir tahun lalu.

Dalam bukunya, Bolton menulis bahwa ketika Xi dan Trump bertemu pada Juni 2019 di KTT G20 di Osaka, Xi setuju untuk memulai kembali negosiasi perdagangan yang macet, dengan diskusi pembelian produk peternakan AS sebagai prioritas.

Trump merespons, "Anda pemimpin China terhebat dalam 300 tahun terakhir!" dan beberapa menit kemudian, seperti yang ditulis Bolton, Trump mengatakan bahwa Xi Jinping adalah 'pemimpin terhebat dalam sejarah China'.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/19/132316370/john-bolton-sambil-makan-steak-salmon-xi-jinping-puji-donald-trump

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke