Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pria Usia 50 Tahun Lakukan Penusukan di Sekolah Dasar di China, 39 Orang Terluka

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang penyerang menggunakan pisau untuk melukai 37 murid dan dua orang dewasa di sebuah sekolah dasar di China Selatan pada Kamis (4/6/2020) berdasarkan laporan pejabat setempat.

Media lokal di sana mengidentifikasi pelaku penusukan yang rupanya seorang penjaga keamanan, sebagaimana dilansir AFP.

Semua korban, termasuk staf pengajar, dikirim ke rumah sakit tetapi tidak sampai mengancam jiwa kata pihak berwenang di Kabupaten Cangwu, wilayah Guangxi. 

Insiden di Sekolah Dasar Wangfu itu terjadi pada pukul 8:30 pagi waktu setempat ketika anak-anak biasanya datang ke kelas.

Penyerang itu, dilaporkan berusia sekitar 50 tahun dan menurut pemerintah setempat sudah dalam kendali.

"37 murid mengalami luka ringan dan dua orang dewasa mengalami luka serius. Semuanya dikirim ke rumah sakit untuk dirawat dan tak ada satu pun yang jiwanya dalam bahaya," ungkap keterangan pemerintah.

Sekolah di wilayah itu telah dibuka kembali pada Mei setelah ditutup berbulan-bulan karena wabah virus corona.

Sejumlah sekolah di China telah dilanda serangan dalam beberapa tahun terakhir, memaksa pihak berwenang untuk meningkatkan keamanan di tengah seruan untuk penelitian lebih lanjut tentang akar penyebab dari penyerangan tersebut.

Pada November lalu, seorang pria memanjat dinding TK di barat daya provinsi Yunnan dan menyemprot orang dengan cairan korosif. Tindakan itu melukai 51 orang yang didominasi para murid.

September lalu, delapan anak sekolah meninggal dan dua lainnya terluka dalam "kasus kriminal yang berkaitan dengan sekolah" di provinsi Hubei tengah, pelakunya, seorang pria berusia 40 tahun ditangkap.

Seorang pria yang memegang pisau membunuh dua orang dan melukai dua lainnya di sebuah sekolah dasar di provinsi Hunan tengah pada April tahun lalu.

Pada April 2018, seorang pria membunuh sembilan murid sekolah menengah ketika mereka berada dalam perjalanan pulang ke rumah, dalam salah satu serangan pisau paling mematikan yang terlihat di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

Sebuah bom rakitan juga telah menewaskan delapan orang dan melukai puluhan orang di luar taman kanak-kanak di provinsi Jiangsu pada Juni 2017.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/04/150343270/pria-usia-50-tahun-lakukan-penusukan-di-sekolah-dasar-di-china-39-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke