Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumor Kim Jong Un Meninggal Terus Beredar, Pejabat Korsel Meminta Waspada

Dengan maraknya rumor yang beredar bahwa Kim Jong Un mungkin sakit, para pejabat Korsel menegaskan mereka tidak mendeteksi pergerakan tidak biasa di Korea Utara.

Pada forum tertutup Minggu (26/4/2020), Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yeon-chul yang mengawasi keterlibatan dengan Korea Utara mengatakan, pemerintah memiliki intelijen yang dengan yakin menyebut tidak ada situasi yang terjadi secara tidak biasa.

Rumor dan spekulasi tentang Kim Jong Un dimulai sejak Pemimpin Tertinggi Korea Utara itu tidak tampil di depan umum pada hari besar perayaan ulang tahun kakeknya yang juga pendiri Korea Utara tanggal 15 April, dan sejak itu belum terlihat lagi.

Media Korsel pekan lalu melaporkan, Kim Jong Un mungkin telah menjalani operasi jantung atau berada dalam isolasi untuk menghindari paparan Covid-19.

Pada Senin (27/4/2020), media pemerintah Korea Utara sekali lagi menunjukkan tidak ada foto baru Kim Jong Un atau mengabarkan keberadaannya.

Akan tetapi, mereka memberi laporan bahwa kakak Kim Yo Jong tersebut telah mengirim pesan terima kasih kepada para pekerja yang membangun sebuah resor wisata di kota Wonsan.

Beberapa media Korsel menyebutkan Wonsan adalah lokasi kemungkinan Kim Jong Un menetap saat ini.

Moon Chung-in penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan, pemerintah Korsel yakin Kim Jong Un masih hidup dan sehat.

"Pemerintah kita yakin... Kim Jong Un masih hidup dan sehat."

"Dia telah menetap di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," ungkapnya dalam komentar ke kantor berita di Amerika Serikat.

Gambar satelit pekan lalu menunjukkan kereta khusus yang diduga milik Kim Jong Un di Wonsan menambah bobot laporan itu, menurut 38north proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington, AS.

Namun 38north juga menegaskan, adanya kereta itu belum memastikan apakah Kim Jong Un benar-benar berada di Wonsan.

Seorang juru bicara untuk Kementerian Unifikasi Senin ini mengatakan, dia tidak bisa mengonfirmasi laporan tentang keberadaan Kim Jong Un di Wonsan.

Pekan lalu China mengirim tim dokter ke Korea Utara untuk memberi perawatan medis, menurut 3 orang yang mengetahui situasi tersebut.

Kemudian pada Jumat, sumber di Korsel mengatakan kepada Reuters bahwa intelijen mereka memastikan Kim Jong Un masih hidup dan kemungkinan akan segera muncul.

Para ahli telah mengingatkan bahwa anak Kim Jong Il itu sebelumnya juga pernah menghilang dari pemberitaan media pemerintah, sedangkan mengumpulkan informasi yang akurat di Korea Utara sangat sulit.

Media pemerintah Korut terakhir kali melaporkan keberadaan Kim Jong Un ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April.

Kim Jong Un sebelumnya sempat menghilang dari peliputan media pemerintah selama lebih dari sebulan pada 2014, dan pada akhirnya TV pemerintah Korea Utara menunjukkan dia berjalan pincang.

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/27/113739170/rumor-kim-jong-un-meninggal-terus-beredar-pejabat-korsel-meminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke