Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Lockdown Virus Corona, 2 Panda di Hong Kong Ini Kawin

Ying Ying dan Le Le baru bisa melakukannya setelah taman tempat mereka tinggal tak lagi dikunjungi, dan 10 tahun sejak mereka bertemu.

Pejabat konservasi Ocean Park Michael Boos menuturkan, Ying Ying dan Le Le tiba di Hong Kong pada 2007, di mana mereka saling mendekati di 2010.

"Tetapi, upaya mereka untuk kawin tidak pernah berhasil hingga di tahun ini, setelah bertahun-tahun mencoba memahami," ujar Boos.

Taman merilis foto di mana keduanya mulai saling mendekati, di dalam kandang yang biasanya dipenuhi sorot mata maupun jepretan kamera.

Dilansir AFP Selasa (7/4/2020), panda termasuk hewan yang terbilang kurang dalam hal bereproduksi, terutama di penangkaran.

Tetapi, dokter hewan mulai sumringah ketika keduanya mulai menunjukkan ketertarikan satu sama lain, terlebih di tengah musim kawin yang pendek ini.

Taman menyatakan, sejak akhir Maret, Ying Ying mulai sering bermain di air, sementara Le Le mulai meninggalkan bau di areanya, dan melacak bau pasangannya itu.

"Perilaku seperti ini mirip dengan tingkah panda selama musim kawin, yang terjadi antara Maret hingga Mei," ujar taman tempat keduanya tinggal.

Pakar sekarang akan memantau tanda kehamilan Ying Ying, meski periode kehamilannya berkisar antara 72 hingga 324 hari.

Taman menyatakan, mereka baru bisa mengonfirmasi kehamilan setelah dilakukan pemeriksaan ultrasound 14 sampai 17 hari sebelum lahir.

Tapi, Ying Ying mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku maupun fluktuasi hormon paling cepat Juni jika pembuahannya berhasil.

Pengumuman tersebut jelas menjadi kabar bahagia, di tengah resesi dan pembatasan yang dialami Hong Kong karena lockdown virus corona.

Banyk netizen di Facebook berkomentar, dan menyebut absennya pengunjung bisa jadi faktor mengapa dua panda raksasa itu lebih percaya diri.

"Ini adalah waktu yang bagus membuat bayi panda ketika Anda tengah berlibur dan tak mendapat tekanan apa pun," tulis Janet Mok.

"Mereka tidak mendapatkan tekanan karena tidak ada yang melihat," timpal Chan Fong.

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/08/121527570/di-tengah-lockdown-virus-corona-2-panda-di-hong-kong-ini-kawin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke