Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Virus Corona 12 Maret: WHO Umumkan Wabah Dunia | Perawat Italia Perlihatkan Kondisinya

Pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus terjadi setelah setidaknya 119 negara mengonfirmasi kasus positif.

Kemudian dari Italia, seorang perawat menunjukkan seperti kondisinya setelah dia bertugas merawat pasien yang tertular virus corona.

Berikut merupakan perkembangan terbaru dari Covid-19, nama penyakit yang diakibatkan oleh corona, sepanjang 12 Maret 2020 ini.

1. WHO umumkan virus corona sebagai pandemi global

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom menerangkan, dasar dari keputusan mencetuskan Covid-19 sebagai wabah adalah karena perkembangan kasus di luar China.

Dia menjelaskan bahwa saat ini, negara-negara di luar lokasi asal penyebaran, China, mengalami kenaikan laporan positif hingga 13 kali lipat.

"Dalam beberapa hari atau pekan mendatang, kita akan melihat peningkatan jumlah kasus, kematian, hingga negara terinfeksi yang jauh lebih tinggi," katanya.

2. Perawat Italia tunjukkan seperti apa mukanya di tengah tugas

Perawat muda di garda terdepan penanganan Covid-19, Alessia Bonari, mengisahkan seperti apa momen yang dialaminya ketika bertugas.

Bonari mengunggah bagaimana wajahnya yang terlihat memar selepas mengenakan masker, dan juga mengungkapkan ketakutannya setiap kali bekerja.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa kekhawatiran akan merebaknya wabah Covid-19 tidak akan membuat dirinya maupun koleganya mengendur.

3. Termakan takhayul, 44 warga Iran tewas menenggak alkohol

Sebuah insiden memilukan terjadi di Iran. Sebanyak 44 orang diberitakan terbunuh karena keracunan alkohol dalam upaya mereka mencegah virus corona.

Berdasarkan pemberitaan media setempat, sebagian besar korban berasal dari Khuzestan. Sementara sisanya berlokasi di utara Alborz dan Kermanshah.

Mereka tewas setelah meyakini kabar yang beredar, bahwa meminum alkohol bakal membunuh penyakit dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu.

4. Mahmoud Ahmadinejad gulirkan teori konspirasi mengenai corona

Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menjadi perhatian setelah menulis surat yang ditujukan kepada Dirjen WHO, Tedros Adhanom,

Dalam surat yang dirilis di Twitter itu, presiden yang pernah berkuasa pada 2005 hingga 2013 tersebut menyebut virus corona sebagai bagian dari "perang biologis".

Surat itu berisi bagaimana dia mendesak WHO agar menyelidiki laboratorium yang dianggap sebagai dalang menyebarnya SARS-Cov-2.

5. Pria amnesia 30 tahun dapatkan ingatannya karena virus corona

Virus yang menyebabkan Covid-19 di seluruh dunia itu tak hanya menyajikan kisah sedih. Namun setidaknya sebuah kisah membahagiakan.

Sebabnya adalah seorang pria di China mendapatkan kembali ingatannya setelah mengalami amnesia selama 30 tahun terakhir.

Pria yang disebut bernama Zhi Jiaming (57) yang tidak bisa kembali ke rumahnya selama 3 dekade terakhir akibat kerusakan otak.

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/204615270/update-virus-corona-12-maret-who-umumkan-wabah-dunia-perawat-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke