Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korban Meninggal Virus Corona di China Per 25 Februari 2020 Capai 2.663 Orang

Berdasarkan data dari Komisi Kesehatan Nasional, ini adalah angka laporan kematian terendah dalam dua pekan terakhir akibat penyakit dengan nama resmi Covid-19 itu.

Selain 2.663 korban meninggal, China menyatakan muncul 508 kasus infeksi, dengan sembilan di antaranya dilaporkan di luar Provinsi Hubei.

Dilansir AFP Selasa (25//2/2020), jumlah penularan itu mengalami kenaikan jika dibandingkan 409 angka infeksi virus corona yang dibukukan sehari sebelumnya.

Sejumlah provinsi di Negeri "Panda" ada yang melaporkan nol baik di jumlah korban meninggal maupun terinfeksi dalam beberapa hari terakhir.

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, epidemi Covid-19 kini sudah mencapai "puncak" di China.

Dalam konferensi pers Senin (24/2/2020), dia menuturkan momen tertinggi penyebaran terjadi antara 23 Januari hingga 2 Februari.

Sejak saat itu, lanjut Tedros, jumlah kasus dari virus yang mendapat nama resmi SARS-Cov-2 tersebut "mengalami kestabilan".

Namun, pimpinan misi gabungan WHO-China Bruce Aylward menerangkan, justru luar negeri tengah mengalami pertumbuhan signifikan.

Meski tren penyebarannya sudah menurun, pemilik kekuatan ekonomi terkuat dunia itu masih belum bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

Beijing juga memutuskan untuk membatalkan agenda pertemuan parlemen tahunan, pertama sejak Revolusi Kebudayaan 1966-1976 silam.

Puluhan juta orang di Hubei mengalami isolasi, setelah virus tersebut dipercaya berasal dari ibu kota Wuhan pada Desember 2019.

Otoritas Wuhan sempat memperlunak aturan karantina bagi warganya. Namun, aturan tersebut langsung dicabut beberapa jam berselang.

Penyebaran virus di rumah sakit dan penjara juga meningkatkan kekhawatiran terkait penanganan pencegahan yang dinilai tak efektif.

Komisi Bidang Politik dan Legal Partai Komunis menjelaskan, terdapat 323 kasus virus corona yang dilaporkan di penjara Hubei Minggu (23/2/2020).

https://www.kompas.com/global/read/2020/02/25/094718570/korban-meninggal-virus-corona-di-china-per-25-februari-2020-capai-2663

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke