Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2024, 19:31 WIB
Krisda Tiofani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CBC

KOMPAS.com - Dumpling atau pangsit sebenarnya tidak hanya ditemukan saat Imlek. Musim apa pun, makanan ini bisa dinikmati di rumah dan restoran.

Namun demikian, pangsit tetap identik dengan Imlek karena selalu ada di atas meja makan saat Tahun Baru China datang.

Ciri khas pangsit china adalah ukurannya yang kecil-kecil. Dibuat dari kulit kenyal, lalu diisi dengan sayuran maupun daging cincang.

Baca juga: 13 Makanan Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Ada Pangsit

Adapun makna pangsit dalam budaya China adalah lambang kekayaan dan kemakmuran, seperti dilansir CBC.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Asal-usul pangsit

Sejarah pangsit disebut belum begitu jelas. Kemungkinan terbesarnya, pangsit ini pertama kali hadir pada masa Dinasti Sung, tahun 960-1279.

Dumpling jiaozi dikenal sebagai yang pertama, diambil dari salah satu mata uang kertas China dengan alasan pangsit tersebut dibentuk menyerupai kepingan emas dan perak.

Ilustrasi jiaozi atau kuotie kukus. Dok. Shutterstock/szefei Ilustrasi jiaozi atau kuotie kukus.

“Di China bagian utara, makanan sangat langka, terutama pada akhir musim dingin,” tulis E.N. Anderson dalam bukunya "The Food of China".

"Kamu hanya punya sedikit daging dan tepung yang tersisa, lalu diregangkan dagingnya sejauh mungkin," kutip CBC dari buku tersebut.

Baca juga:

Gabungan bahan-bahan pembuat pangsit ini akan menghasilkan potongan kecil untuk merayakan Imlek, dipercaya membawa harapan dan kemakmuran pada perjamuan makan malam keluarga.

Jenis pangsit

Seiring bertambahnya tahun, jenis dumpling tak hanya jiaozi, melainkan banyak lainnya.A da pangsit yang dikukus, direbus, ditumis, maupun digoreng. Pada dasarnya, bahannya pun tidak jauh berbeda.

Isian berupa daging babi, daging ayam, udang, dan sayuran, dicincang dan dibungkus dalam kulit pangsit dari tepung, lalu dibentuk sesuai jenisnya masing-masing.H akau, misalnya. Pangsit berbentuk cangkang kerang ini memiliki kulit transparan dengan isian udang.

Chocolate Lava & Dates Xiao Long Bao, dumpling spesial Ramadhan di Din Tai Fung.Kompas.com/Krisda Tiofani Chocolate Lava & Dates Xiao Long Bao, dumpling spesial Ramadhan di Din Tai Fung.

Ada juga xiao long bao, pangsit yang berbentuk bulat dengan bagian atas seperti dipelintir.J ika dimakan selagi hangat, xiao long bao akan muncrat dengan isiannya yang memenuhi mulut.

Selanjutnya, ada siu mai alias yang dikenal dengan siomay di Indonesia. Asalnya dari Dinasti Yuan pada tahun 200 sebelum masehi.

Baca juga:

Pangsit tidak beragi ini diisi dengan daging, ikan, dan sayuran, lalu dibentuk seperti bunga dengan topping potongan ikan ataupun telur kepiting.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com