Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tempat Makan Gudeg Enak di Yogyakarta, Cocok untuk Wisata Kuliner

Kompas.com - 27/05/2023, 08:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Gudeg jadi salah satu ikon sekaligus daya tarik dari kuliner Yogyakarta. Bagi wisatawan yang pertama kali berkunjung ke Yogyakarta, rasanya belum lengkap jika tidak mencoba gudeg. 

Wijilan merupakan sentra gudeg di Yogyakarta, wisatawan bisa menyantap gudeg hampir 24 jam di rumah makan gudeg yang berderet di Jalan Wijilan. 

Namun demikian, tempat makan gudeg legendaris menyebar hampir ke seantero Yogyakarta dan rata-rata buka saat matahari tenggelam. 

Biasanya warung gudeg ini berbentuk tenda kaki lima dan tamu dengan senang hati  duduk lesehan, bersantap sembari menyeruput teh nastigel (panas, legi atau manis, dan kental). 

Saat menyantap sepiring gudeg lengkap dengan berbagai pilihan lauk lengkap, kita bisa menemukan suasana Yogyakarta yang sesungguhnya. Sebuah kenikmatan dalam kesederhanaan.

Berikut 20 tempat makan gudeg enak rekomendasi di Yogyakarta.

1. Gudeg Mercon Bu Tinah 

Siap-siap menangis jika menyantap gudeg satu ini. Seperti namanya, Gudeg Mercon Bu Tinah menyajikan seporsi gudeg dengan pedas di atas rata-rata. 

Rasa pedas ini berasal dari kuah areh, yang memang sengaja diracik berbeda dengan gudeg kebanyakan di Yogyakarta. 

Gudeg Mercon Bu Tinah buka sejak 1992 dan dikisahkan ingin bersaing dengan warung gudeg lain yang sudah buka lebih dahulu. 

Alhasil, cita rasa gudeg pedas dipilih untuk menarik wisatwan yang berkunjung ke Yogyakarta, khususnya bagi yang tidak begitu suka cita rasa manis.

Gudeg Mercon Bu Tinah
Lokasi Jalan Asem Gede Nomor 8, Jetis
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 21.00-01.00 WIB
Harga Rp 25.000-an

2. Gudeg Mbok Lindu 

Gudeg legendaris dan ikonik, itulah yang mewakili lapak Gudeg Mbok Lindu. Gudeg ini terkenal dari sosok Mbah Lindu yang meninggal dunia pada 2020. 

Saat itu, Mbah Lindu dijuluki sebagai penjual gudeg tertua lantaran usianya sudah mencapai 100 tahun. Ia sendiri tidak tahu tahun pasti berjualan gudeg, tetapi Mbah Lindu mengaku berjualan sejak zaman kolonial Belanda. 

Lapak ini juga pernah diliput dalam acara dokumentasi Netflix karena sosok Mbah Lindu yang ikonik. 

Saat ini Gudeg Mbok Lindu diteruskan oleh keluarganya. Krecek pelengkap gudeg di sini terkenal enak dengan tambahan cabai rawit hijau jika suka pedas. Sementara cita rasa gudeg di Gudeg Mbok Lindu seimbang antara gurih dan manis. 

Gudeg Mbok Lindu
Lokasi Jalan Sosrowijayan Nomor 41-43
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 06.00-11.00 WIB
Harga Mulai Rp 15.000

3. Gudeg Permata Bu Narti

Ilustrasi gudeg basah dari Gudeg Permata. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi gudeg basah dari Gudeg Permata.

Kata permata pada Gudeg Permata Bu Narti disematkan karena lokasi lapak gudeg ini yang berada dekat bekas bioskop Permata. Gudeg Permata Bu Narti pertama kali buka 1961 dan saat ini sudah dikelola generasi kedua. 

Saat mengunjungi Gudeg Permata Bu Narti, kita akan melihat pemandangan warga lokal yang rela antre untuk mendapatkan sepiring gudeg basah lengkap dengan aneka lauk pendampingnya. 

Ya, Gudeg Pertama Bu Narti adalah salah satu lapak gudeg yang menjual gudeg basah dengan guyuran kuah areh yang loyal. 

Selain itu, lauk pendamping seperti krecek, tahu, dan telur bacemnya juga diberi kuah, sehingga ini yang membedakan dengan kebanyakan gudeg di Yogyakarta yang kering. 

Gudeg Permata Bu Narti
Lokasi Jalan Gajah Mada Nomor 2
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 20.00-01.00 WIB, Minggu libur
Harga Mulai Rp 14.000

4. Gudeg Bu Djuminten

Gudeg legendaris sejak 1926, itulah Gudeg Bu Djuminten yang usianya lebih dari satu abad. Gudeg ini punya slogan yang unik yaitu spesialis gudeg kendil atau wadah dari tanah liat. 

Penggunaan kendil membuat gudeg lebih otentik sekaligus aman dibawa ke luar kota karena lebih awet dan tahan guncangan di jalan. Gudeg ini bisa jadi pilihan oleh-oleh dari Yogyakarta. 

Gudeg Bu Djuminten
Lokasi Jalan Asam Gede Nomor 14
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 08.00-20.00 WIB
Harga Mulai Rp 15.000

5. Gudeg Pawon 

Sensasi makan di tengah dapur, itu lah yang dihadirkan Gudeg Pawon sesuai namanya pawon dalam Bahasa Jawa berarti dapur. 

Sebelum pandemi, gudeg ini buka tengah malam sekitar pukul 23.30.  Namun, kini Gudeg Pawon buka lebih awal tepatnya dari pukul 17.30-20.30. 

Dapur tradisional dengan beberapa meja makan menjadi penghangat suasana makan malam, bersama orang-orang baru dalam satu dapur. 

Gudeg Pawon 
Lokasi Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV Nomor 36
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 17.30-20.30
Harga Mulai Rp 11.000

6. Gudeg Ceker Mbok Joyo 

Lokasi Gudeg Ceker Mbok Joyo terbilang tersembunyi, berada di dalam gang. Namun demikian, penggemarnya rela singgah untuk mencicipi nasi gudeg atau bubur gudeg. 

Ceker di sini menjadi lauk andalan, dengan bumbu masak yang meresap sempurna. Jika tidak mau repot mencari tempat parkir, Gudeg Mbok Joyo juga dapat dipesan di aplikasi pemesanan makanan online.

Gudeg Ceker Mbok Joyo 
Lokasi Jalan Tamanan Nomor 265
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 14.00-00.00 WIB, Minggu tutup
Harga Mulai Rp 15.000

7. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu kuliner legendaris Yogyakarta yang berhasil membuka cabang di luar Kota Pelajar. 

Gudeg ini dirintis oleh Djuwariyah pada 1951 yang memang bercita-cita ingin membuat rumah makan gudeg. 

Gudeg Yu Djum pusat berada di kawasan Kawangasem yang tadinya difungsikan sebagai dapur. Semenyara Gudeg Yu Djum di Widjilan buka sejak 1985 dan populer di kalangan wisatawan hingga saat ini.

Gudeg Yu Djum
Lokasi Jalan Wijilan Nomor 31
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 07.00-00.00 WIB
Harga Mulai Rp 18.000

8. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Ilustrasi nasi gudeg.SHUTTERSTOCK/joshuit Ilustrasi nasi gudeg.

Gudeg Bromo Bu Tekluk juga termasuk gudeg legendaris yang buka sejak 1984.

Gudeg ini populer di kalangan mahasiswa yang suka lapar tengah malam, sehingga jangan heran jika antreannya panjang apalagi ketika musim libur ditambah wisatawan.

Uniknya nama asli penjual gudeg ini adalah Sumijo. Namun karena sering terkantuk ketika melayani pembeli tengah malam, ia disebut Bu Tekluk yang dalam Bahasa Jawa artinya terkantuk hingga tertunduk. 

Gudeg Bromo Bu Tekluk
Lokasi Jalan Affandi Nomor 2-A
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 23.00-05.00 WIB
Harga Mulai Rp 20.000-an

9. Gudeg Sagan 

Tempat makan Gudeg Sagan lebih modern ketimbang penjual gudeg lain di Yogyakarta. Bahkan, ada pertunjukan musik yang dihadirkan untuk menghibur tamu. 

Cita rasa gudeg sagan lebih ke gurih dan pedas, dengan rasa manis yang berimbang. Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba gudeg di Yogyakarta, gudeg ini bisa jadi pilihan.  

Gudeg Sagan
Lokasi Jalan Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes Nomor 53
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 08.00-21.00 WIB
Harga Mulai Rp 13.500

10. Gudeg Yu Yah

Gudeg Yu Yah memiliki lapak sederhana di depan pertokoan. Namun demikian, gudeg ini diburu penikmat kuliner malam. Sebab, lauknya terbilang beragam. 

Kamu bahkan bisa menyantap nasi rames jika bosan makan gudeg, saking banyaknya lauk rumahan khas Jawa, termasuk aneka sate.  Jika dijumlahkan, jumlah lauk di sini bisa mencapai lebih dari 20 jenis. 

Gudeg Yu Yah
Lokasi Jalan Magelang Nomor 129 A
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 20.00-03.30
Harga Mulai Rp 15.000

11. Gudeg Bu Hj. Ahmad

Salah satu gudeg tersohor di kawasan Kaliurang adalah Gudeg Bu Hj.A hmad. Lokasi gudeg ini dekat dengan kampus UGM sehingga jadi andalan majasiswa. 

Sebagaimana selera konsumen mahasiswa, porsi gudeg di sini terkenal besar dengan harga relaif terjangkau.

Waktu operasional gudeg ini terbilang panjang dari subuh sampai malam hari, jadi bisa disesuaikan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Gudeg Bu Hj. Ahmad
Lokasi Jalan Kaliurang KM.4,5 Blok CT3 Nomor 5, Jalan Kaliurang Nomor 2
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 05.30-22.00 WIB
Harga Mulai Rp 17.000

12. Gudeg Manggar Bu Tjondro 

Gudeg ManggarTribun Jogja/Hamim Thohari Gudeg Manggar

Sudah pernah coba gudeg nangka? Saatnya mencoba gudeg manggar yang terbuat dari bunga kelapa muda. 

Gudeg ini umumnya dapat ditemui di daerah Bantul, karena makanan khas setempat. Salah satu penjual gudeg manggar terkenal di Bantul adalah Bu Tjondro. 

Beda dari gudeg nangka yang teksturnya tergolong lembek dan buyar ketika digigit, gudeg manggar memiliki tekstur sedikit padat.

Gudeg manggar terbilang langka dan sulit ditemui di luar Yogyakarta, jadi cocok bagi kamu yang suka mencoba kuliner baru.

Gudeg Manggar Bu Tjondro 
Lokasi Jalan Bantul Nomor 32 Suryodiningratan, Gedongkiwo
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 17.00-22.30, Senin libur
Harga Mulai Rp 12.000

13. Gudeg Bu Tjirto 1925

Gudeg legendaris yang sukses melebarkan sayapnya ke luar kota Yogyakarta, sekaligus berinovasi membuat gudeg kalengan yang awet tahan lama. 

Gudeg kalengan ini menjadi jawaban akan konsumen yang ingin membawa gudeg sampai ke luar negeri. Lokasi Gudeg Bu Tjirto dengan parkir luas dan meja panjang, membuat gudeg ini disukai wisatawan rombongan. 

Gudeg Bu Tjirto 1925
Lokasi Jalan Raya Janti Nomor 330, Modalan, Banguntapan
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 08.00-20.30 WIB
Harga Mulai Rp 20.000-an

14. Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo

Ada dua cabang Gudeg Song Dji (01) Bu Atmo di Yogyakarta yaitu di Katamso dan Kuncen. 

Rumah makan gudeg ini menghadirkan gudeg basah atau gudeg berkuah areh (santan) dan gudeg kering. Cita rasa gudeg di sini gurih dengan sedikit manis, sehingga cocok bagi kamu yang doyan makan gudeg tidak terlalu manis. 

Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo
Lokasi Jalan Brigjen Katamso Nomor 165
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 08.00-15.30 WIB
Harga Mulai Rp 12.000

15. Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan

Sarapan gudeg juga bisa jadi pilihan, selain berburu gudeg tengah malam di Yogyakarta. 

Gudeg Kangen Mbah Manto di Gejayan ini punya banyak penggemar sehingga saat akhir pekan dan musim liburan tiba antreannya bisa sangat panjang. 

Hal terunik di sini adalah pelanggan bisa ambil nasi sesuai porsi yang diinginkan, lalu oper piring ke penjual agar diambilkan isian gudeg. 

Tenang, meskipun nasinya banyak harga akan tetap dihitung normal. Selain itu bumbu gudeg di sini terkenal medok rasanya sehingga berimbang dengan nasi putih hangat. 

Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan
Lokasi Jalan Affandi Nomor 15
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 07.00-12.00 WIB
Harga Rp 20.000-an

16. Gudeg Mbak Pirang 

Gudeg Mbak Pirang ini dijual di mobil yang telah dimodifikasi dengan etalase makanan. Ciri khas gudeg ini adalah oseng mercon pedas, yang disukai pencinta kuliner pedas. 

Jika kamu beruntung, bisa menemui penjualnya yang memang berambut pirang. Lapak Gudeg Mbak Pirang ini biasanya ramai pembeli yang antre khususnya anak muda. 

Gudeg Mbak Pirang
Lokasi Jalan Magelang Nomor 194-196,
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 17.00-21.00 WIB
Harga Rp 15.000-an

17. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Gudeg Mercon Mbak Yuni, sesuai namanya menghadirkan gudeg dengan cita rasa pedas. Rasa pedas di sini masih bisa dinikmati, tidak membuat mati rasa indra pengecap. 

Selain itu rasa manisnya berimbang dengan rasa gurih dan pedas. Kedai gudeg ini umumnya ramai saat jam makan malam. 

Gudeg Mercon Mbak Yuni
Lokasi Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 100
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 18.30.00.00 WIB
Harga Mulai Rp 15.000-an

18. Gudeg Yu Narni

Ilustrasi bubur gudeg. Dok. Shutterstock/Harinnita Detta Ilustrasi bubur gudeg.

Gudeg dengan kedai warna merah muda cerah ini lokasinya tidak begitu jauh dari Tugu Yogyakarta.

Kamu bisa menikmati gudeg kering dengan aneka lauk di sini. Ada juga pilihan bubur gudeg yang terkenal nikmat di sini.

Gudeg Yu Narni juga menjual gudeg kaleng yang bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Yogyakarta. 

Gudeg Yu Narni
Lokasi Jalan Margo Utomo Jalan Kb. Dalem, Gowongan
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 05.10-21.00 WIB
Harga Rp 18.000-an

19. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Cari tempat makan gudeg yang Instagramable di Yogyakarta? Kamu bisa berkunjung ke Gudeg Basah Mbok Mandeg. 

Rumah makan ini didesain apik sehingga membuat pengunjung nyaman dan bisa berfoto dengan latar belakang mural. 

Selain gudeg, kamu juga bisa menikmati aneka makanan khas Nusantara seperti soto atau ayam goreng di sini. 

Gudeg Basah Mbok Mandeg
Lokasi Jalan Parangtritis Km. 2,5 Nomor 168A
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 07.30-20.30 WIB
Harga Mulai Rp 12.000

20. Gudeg Jogja Bu Parto Utomo

Rekomendasi gudeg di Yogyakarta dengan tempat sederhana tetapi rasanya tidak kalah dari gudeg terkenal lainnya. 

Gudeg ini jadi andalan warga lokal karena rasanya gurih dan manis yang pas, serta harganya bersahabat. Selain nasi juga tersedia bubur untuk makan gudeg di sini. 

Gudeg Jogja Bu Parto Utomo
Lokasi Jalan HOS Cokroaminoto
[ Google Maps]
Jam dan hari buka 06.00-09.00 WIB, 16.00-21.30 WIB
Harga Mulai Rp 6.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com