Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pisau Jepang, Harganya Bisa Capai Rp 13 Juta Per Bilah

Kompas.com - 13/05/2023, 08:10 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pisau jepang merupakan salah satu pisau yang terkenal tajam dan banyak digunakan oleh para koki. 

Banyak orang yang mengincar pisau jepang sebagai perlengkapan masak mereka karena memiliki keunggulan dibanding pisau biasa. 

Pisau jepang biasanya ukurannya lebih tipis, ringan, dan tajam, sehingga banyak orang yang berminat untuk memiliki pisau ini.

Pemilik Upscale Living, toko yang menjual peralatan masak dari Jepang, Bryant mengatakan,  pisau jepang terbuat dari baja spesial yang hanya ada di Jepang.

Baja tersebut umumnya tidak diekspor ke negara lain dan hanya terdapat di Jepang.

“Baja yang digunakan itu stainless yang lebih keras dibandingkan dengan pisau eropa atau pisau lainnya,” ujar Bryant saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (10/05/2023).

Ia mengatakan bahwa baja yang dipakai umumnya jenis baja VG10 dan SG2. Semakin keras bajanya, pisau semakin tajam dan lebih tahan lama tingkat ketajamannya.

Baca juga:

Ilustrasi pisau yanagiba untuk mengiris sashimi ikan. shutterstock/Aof Snap Shot Ilustrasi pisau yanagiba untuk mengiris sashimi ikan.

Bryant menambahkan, pisau jepang banyak macam dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk datang langsung ke toko saat ingin membeli pisau jepang. Sebab, kebutuhan masing-masing orang berbeda, begitu pula ukuran tangan. 

"Ada yang suka pisau berat atau ringan, ada juga yang tangannya kecil sehingga gagang pisau tidak bisa yang tebal," kata Bryant. 

Harga pisau jepang di Upscale Living mulai Rp 250.000 - Rp 13 juta, tergantung ukuran, bahan, dan merek. 

“Kita juga punya chef knife dan banyak serinya. Itu (pisau jepang) yang serbaguna tapi ukurannya lebih besar dan biasanya chef punya satu untuk dipakai setiap hari,” jelasnya. 

Bryant juga menyarankan sebelum membeli pisau jepang, sebaiknya lakukan riset akan merek yang diincar lewat daring. 

"Jangan sampai tertipu beli pisau model jepang, bukan pisau buatan Jepang asli," kata Bryant.

Cara termudah menurutnya, pisau merek dari Jepang asli umumnya akan mudah dicari keterangannya di internet. Selain itu, jika pisau jepang dijual dengan harga terlalu murah, kamu patut curiga. 

Cara rawat pisau Jepang

Tidak ada cara khusus untuk merawat pisau jepang. Hanya saja, Bryant menyarankan untuk mengasah pisau jepang dengan batu asah dari Jepang juga. 

"Kalau pakai batu asah lokal atau buatan Cina, kemungkinan batunya sendiri yang kalah," kata Bryant.

"Jadi, batunya habis, tapi pisaunya tidak semakin tajam. Batu asah Jepang itu keras dan didesain khusus untuk pisau jepang yang berbahan baja," jelasnya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com