Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34 Kuliner Pecinan Hadir di Mal Ciputra Jakarta hingga Akhir Pekan

Kompas.com - 05/05/2023, 09:07 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Kuliner Pecinan hadir untuk kedua kalinya di Mal Ciputra Jakarta pada 3 - 7 Mei 2023 mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Sebanyak 34 stan kuliner khas Pecinan bisa dicicipi langsung oleh pengunjung, mulai dari menu halal hingga menu nonhalal.

"Kami berharap masyarakat, terutama keluarga dari generasi selanjutnya, mengerti betul bahwa ada satu daerah yang dikenal sebagai pecinan sehingga ingin menghadirkan sisi kuliner pecinan," jelas Ferry Irianto, general manager Mal Ciputra Jakarta kepada media di Festival Kuliner Pecinan, Kamis (4/5/2023).

Kuliner pecinan di festival ini terdiri dari Lunpia Semarang Super Cik Yoen, Ketupat Cieng, Pekingducklovers, Bakoel Liwet, Mie Temenan, Bubur Ayam Spesial Ko Iyo, dan Es Puter Conglik.

Festival Kuliner Pecinan hadir untuk kedua kalinya di Mal Ciputra Jakarta pada 3 - 7 Mei 2023 mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Kompas.com/Krisda Tiofani Festival Kuliner Pecinan hadir untuk kedua kalinya di Mal Ciputra Jakarta pada 3 - 7 Mei 2023 mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.
Ada juga Siomay Engkong, Kuotie 22 Sunny Sanjaya, Bapang TGR 99, Nasi PangGul KEdai Tang, Bakmi Singkawang Asam 88, Nasi Lemak Pokma, hingga Nasi Campur Tribukit di deretan stan kuliner pecinan nonhalal.

Beberapa di antaranya didatangkan langsung dari daerah asal, seperti Solo, Bali, Manado, Lampung, dan Semarang.

Harga seporsi makanan di Festival Kuliner Pecinan berkisar Rp 25.000 hingga Rp 100.000-an. Rata-rata harga per porsinya adalah Rp 40.000 hingga Rp 50.000.

Pengunjung harus membeli kartu pembayaran terlebih dulu di kasir sebelum melakukan transaksi di stan kuliner.

Baca juga:

Antusias pengunjung

Pengunjung Festival Kuliner Pecinan di Mal Ciputra Jakarta pada Kamis (4/5/2023)Kompas.com/Krisda Tiofani Pengunjung Festival Kuliner Pecinan di Mal Ciputra Jakarta pada Kamis (4/5/2023)

Ferry mengatakan, ada penambahan lima stan kuliner pada Festival Kuliner Pecinan 2023, bila dibandingkan gelaran tahun lalu.

Kurasi sederhana juga dilakukan, yakni mengundang sejumlah usaha kuliner ternama dan legendaris yang sudah dikenal banyak orang.

"Kalau usahanya sudah berumur panjang, secara natural masyarakat sudah mengenal, jadi tidak perlu susah payah mengkurasi. Kami serahkan pada konsumen sebagai reviewer," ujar Ferry.

Hal itu pun disambut baik oleh pemilik stan kuliner pecinan. Salah satunya, Vivi Noviana Kornelius, pemilik Ketupat Ci Eng. 

Ia mengatakan, festival ini bisa menjadi jalan tengah bagi para penikmat kuliner pecinan yang tidak sempat datang langsung ke lokasi kuliner pecinan.

Tingginya antusiasme pengunjung pun dirasakannya.

"Bagus banget ya antusiasnya. Pas hari pertama kami buka, kayaknya pintu mal baru dibuka, orang-orang langsung masuk dan sudah duduk di kursi, padahal kami para pedagang belum siap," kata Vivi saat ditemui media di Festival Kuliner Pecinan pada hari yang sama.

Ia berharap, antusias serupa bisa dirasakannya hingga festival selesai pada akhir pekan nanti.

Harapan yang sama juga datang dari Maxie Oliver, pemilik Mie Temenan. Setelah hadir dua tahun berturut-turut dalam festival yang sama, ia berharap setidaknya antusiasme pengunjung bisa sama tingginya seperti tahun lalu.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com